Jakarta (ANTARA News) - Liburan telah menjadi suatu kebutuhan tersendiri masyarakat urban. Rutinitas pekerjaan dan juga padatnya kehidupan di kota besar membuat orang-orang semakin membutuhkan waktu sejenak untuk rihat.

Awal 2018 adalah saat tepat untuk memikirkan rencana liburan. Bila Anda ingin berlibur secara berkelompok, pertimbangannya harus lebih matang karena harus menyatukan banyak kepala yang memiliki selera berbeda.

Ada beberapa pilihan cara untuk mengatur liburan berkelompok.

1. Menggunakan partner biro wisata

Salah satu cara untuk menghemat waktu dan tenaga dalam merancang liburan keluarga adalah dengan meminta saran biro perjalanan. Dikutip dari Panorama JTB Tours, sebuah biro perjalanan bisa memberikan berbagai opsi yang menarik dalam berlibur. 

Anda mungkin sudah memiliki rencana hendak ke mana liburan tahun ini. Tapi Anda masih bimbang dalam menentukan apakah tujuan tersebut sudah tepat dengan jumlah anggota keluarga yang ikut. Belum lagi jika dalam rombongan terdapat anak kecil serta orang tua, yang kenyamanannya harus dipikirkan.

Biro perjalanan dapat membantu Anda mengeksplorasi berbagai tujuan dengan berbagai kemungkinan. Pilihan waktu yang tepat juga akan menentukan kenyaman dalam liburan. 

Misalnya, jika ingin berlibur menjelajahi kota dan taman hiburan, maka waktu yang pas adalah di musim semi atau gugur saat cuaca tidak terlalu panas. 

Bila hendak menjelajahi negara di belahan utara,- Islandia, Swedia  atau Norwegia - waktu yang paling tepat justru adalah di musim panas, ketika banyak museum dibuka, banyak aktivitas di ruang terbuka, yang tentunya bisa dinikmati tanpa harus tersiksa udara dingin. 

Jika ke luar negeri tanpa menempuh perjalanan udara yang terlampau lama, negara-negara seperti Korea, Hong Kong atau Selandia Baru bisa dijadikan pertimbangan. Ketiga negara tersebut memiliki kekayaan budaya, kuliner serta pemandangan alam yang bisa dijelajah tanpa harus menguras banyak tenaga. 

Destinasi dalam negeri pun tidak kalah menarik. Maraknya penggunaan media sosial saat liburan di destinasi-destinasi seperti Pulau Komodo dengan pantai pink-nya, Belitung dengan latar belakang film Laskar Pelangi, serta Yogyakarta yang menjadi lokasi film sekuel Ada Apa Dengan Cinta menjadi tempat tersebut jadi incaran turis.

Kini mulai ada orang-orang yang mau berlibur dengan kapal pesiar karena semua sudah tersedia tanpa harus memakan banyak tenaga untuk berkeliling dengan menggunakan perjalanan darat. Kapal pesiar juga menyediakan banyak kegiatan bagi anak-anak.

2. Mengunjungi travel fair

Jika masih ragu, Anda dapat mencoba untuk berkunjung ke travel fair atau pameran wisata. Salah satu keuntungan mengikuti travel fair adalah banyaknya diskon yang diberikan baik oleh biro perjalanan maupun maskapai penerbangan.

Beberapa travel fair yang digelar bulan ini meliputi Travel Fair Tunggal Panorama JTB Tours pada 8 - 11 Maret 2018 di Laguna Atrium Central Park Mall. Ada juga Australia Travel Fair pada 8 - 11 Maret 2018 di Senayan City, Jakarta. Pada periode yang sama, pameran Deep & Extreme Indonesia 2018 juga digelar di Jakarta Convention Center.

Khusus untuk perjalanan ke Jepang, ada Japan Travel Fair pada 9-11 Maret 2018 di Kota Kasablanka, Jakarta. Biro perjalanan Golden Rama juga membuat pameran di Lippo Mall Puri Jakarta pada 16 - 18 Maret 2018.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018