Pontianak (ANTARA News) - Polres Singkawang bekerja sama dengan TNI dan panitia Cap Go Meh menggelar tatap muka bersama pengurus partai politik, ormas, dan tokoh masyarakat dalam deklarasi damai dan pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh Singkawang.

Deklarasi dalam Pilkada Kalbar dan Perayaan Imlek dan Cap Go Meh tersebut digelar di ruang terbuka Singkawang Cultural Center (SCC) Singkawang, Rabu.

Kegiatan yang juga dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang itu, telah disepakati bahwa masyarakat Singkawang berkomitmen untuk bersama-sama mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar dan pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Kapolres Singkawang, AKBP Yuri Nuhidayat mengatakan, dengan sudah digelarnya tatap muka ini, dia meyakini Singkawang akan aman pada pelaksanaan dua event besar tersebut.

"Melalui acara ini kita sudah berkomitmen untuk selalu menjaga Singkawang untuk tetap damai, aman dan nyaman bagi siapapun juga," katanya.

Dia pun mengakui, jika Singkawang sampai saat ini masih aman dan tertib, meskipun tadi pagi sempat diwarnai unjuk rasa dari ratusan buruh namun tetap berjalan dengan tertib.

"Luar biasa, masyarakat Singkawang sangat tertib dan berkomitmen untuk selalu menjaga keamanan di Kota Singkawang," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 1202/Singkawang, Letkol Inf Abdul Rahman mengatakan, berbicara soal pengamanan, TNI selalu bekerja sama dengan Polri.

"Apalagi Singkawang tidak lama lagi akan menghadapi dua event besar yakni Pilgub dan Cap Go Meh," katanya.

Tentunya, sudah menjadi tugas pihaknya untuk selalu menjaga keamanan khususnya di wilayah Kota Singkawang.

"Apabila kita kekurangan personel, maka semua personel yang ada di masing-masing satuan akan kita kerahkan untuk pengamanan," ujarnya.

Sementara Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, apa yang sudah disepakati bersama pada hari ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sehingga Kota Singkawang ini selalu dalam keadaan aman, nyaman dan damai khususnya pada pelaksanaan Pilgub dan Cap Go Meh.

"Berdasarkan kesepakatan bersama ini juga, saya yakin dan percaya bahwa Kota Singkawang yang merupakan kota paling tertoleran ini akan tetap aman dan damai," katanya.

Dia juga menyarankan, agar masing-masing ketua partai maupun tim kampanye yang menjadi pendukung salah satu kandidat saat berkampanye sampaikanlah visi misi kandidatnya.

"Jangan saling menjelek-jelekkan, tapi yang harus kita jaga adalah memupuk rasa kebersamaan dan persaudaraan untuk memilih pemimpin yang terbaik," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018