Jakarta (ANTARA News) - Tunggal putra peringkat satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, harus mundur dari turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2018 akibat cedera engkel kiri.

Mundurnya Axelsen dari turnamen, terjadi dalam laga putaran kedua saat pebulu tangkis nomor satu dunia itu melawan pemain Jepang, Kazumasa Sakai, di Istora Senayan, Jakarta, Kamis.

Dalam pertandingan itu, sejak awal gim pertama Axelsen kerap tertinggal walau beberapa kali unggul tipis dari poin Sakai.

Jelang akhir gim pertama, Sakai mampu unggul 19-17 dan 20-18, sebelum akhirnya mampu disamakan kembali oleh Axelsen. Namun usaha tersebut tak mampu mencegah Sakai merebut gim pertama dengan kemenangan 22-20. 

Kalah pada gim pertama membuat Axelsen bertekad membalikan keadaan pada gim kedua. Setelah unggul di awal laga, Axelsen harus kembali tertinggal 3-6 dan 4-7.

Axelsen yang cukup bermain apik kembali bisa menyamakan kedudukan 7-7, namun pada momen tersebut dia seperti mengalami masalah pada kaki kirinya. Axelsen yang berusaha meneruskan pertandingan, akhirnya meminta mundur setelah tertinggal 7-11 dan merasa tak mampu lagi melanjutkan pertarungan.

"Engkel kiri saya bermasalah sejak akhir gim pertama. Saya juga tidak tahu apakah ada kesalahan, karena harus terlebih dulu melihat video pertandingan," kata Axelsen di Istora.

Axelsen mengaku dia tidak melanjutkan pertandingan putaran dua turnamen level 4 (Super 500) ini, karena tidak ingin membuat cedera yang dialaminya bertambah parah.

"Saya sedih karena harus mundur, tetapi tidak ada pilihan lain. Saya akan menjalani perawatan dengan fisioterapis. Saya sendiri tidak tahu seberapa parah cedera ini, tetapi berharap bisa segera pulih," kata pemain berusia 24 tahun tersebut.

Mundurnya Viktor Axelsen membuat Kazumasa Sakai melaju ke perempat final Indonesia Masters 2018. Sakai akan melawan pemenang pertarungan antara Rasmus Gemke atau Jeon Hyeok Jin.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018