Jakarta (ANTARA News) - PDI Perjuangan mengusung Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Bupati Bengkayang Suryatman Gidot sebagi calon gubernur dan calaon wakil gubernur pada Pilkada  Kalimantan Barat tahun ini.

"Ini satu-satunya perempuan, dia sudah lama masuk PDIP. Kecil-kecil cabe rawit. Saya bilang Karolin ini Cornelis perempuan, lebih galak dari bapaknya," kata Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu.

Karolin adalah putri Gubernur Kalimantan Barat Cornelis yang sudah menjabat dua periode. Dia adalah dokter yang beralih menjadi politisi dan terjun ke dunia politik sebagai juru kampanye pada 2009.

"Pernah waktu itu dia lagi hamil pada 2009 naik turun panggung untuk kampanye, sampai saya yang takut, lagi hamil begitu, saya bilang 'sudah pulang saja kamu dari pada nyusahin'", ujar Mega.

Mega mengatakan, meski Karolin masih muda namun dia telah menorehkan prestasi, antara lain sebagai bupati terbaik se-Kalimantan pada 2017.

Sementara Suryatman Gidot adalah Bupati Bengkayang dua periode dan sebelumnya anggota DPR RI Fraksi PDIP.

Saat pendeklarasian, Karolin dan Suryatman mengenakan pakaian adat Kalimantan dilengkapi dengan hiasan kepala dari manik-manik khas Dayak.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018