Sentul (ANTARA News) - Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Honda Mobilio menembus 24,1 km/liter dalam ajang lomba efisiensi yang diikuti komunitas, calon pembeli, dan media yang diselenggarakan PT Honda Prospect Motor.

Menempuh jarak sekitar 61 km, dari Jalan Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara menuju Jungleland Adventure Theme Park, Sentul, Bogor, seorang peserta "Honda Mobilio Battle of Efficiency" dari kalangan komunitas, mampu mengendarai kendaraan keluarga itu dengan konsumsi BBM paling irit, 24,1 km/liter.

"Yang paling mengkhawatirkan adalah saat menghadapi kemacetan parah di Tol Jagorawi," kata Indra Rizki yang menjadi juara pertama sensasi irit Honda Mobilio dari kalangan komunitas, usai pengumuman pemenang lomba di Sentul, Jawa Barat, Sabtu.

Foto para pemenang Honda Mobilio Battle of Efficiency di Sentul, Jawa Barat, Sabtu (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

Ia mengatakan untuk mencapai efisiensi yang optimal, kendaraan harus dipacu dalam kecepatan konstan dan tidak terjebak kemacetan yang menyebabkan mobil berhenti.

"Di tol dalam kota dengan kecepatan konstan 50-60 km/jam, efisiensi bisa mencapai 27,3 km/liter," kata pemilik Honda Mobilio RS tahun 2015 itu.

Diakuinya untuk mencapai efisiensi BBM yang optimal, ia dan rekannya tidak menyalakan pengatur suhu udara (AC).

"Namun pemakaian sehari-hari konsumsi BBM Honda Mobilio juga irit, bisa mencapai 15 km/liter," kata Indra yang menggunakan mobil tersebut setiap hari untuk pulang pergi dari kantor ke rumah.

Ia menyukai mobil serba guna kecil (LMPV) yang dirancang dan diproduksi khusus oleh HPM sejak 2014 itu, karena di samping irit juga handal terutama menghadapi jalan menanjak yang terjal. "Tenaganya 'gokil'," ujarnya.

Selain 10 peserta dari kalangan komunitas, HPM juga mengajak 10 calon pembeli potensial Honda Mobilio dan 10 jurnalis dari media nasional untuk ikut dalam tantangan adu irit tersebut.

Foto para juara dari kalangan pembeli potensial Honda Mobilio (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)

"Ini untuk yang ketiga kalinya Honda mengajak komunitas, calon pembeli, dan media untuk ikut dalam tantangan efisiensi Mobilio," kata Asisten Manager Public Relation HPM Yulian Karfili.

Sebelumnya pada 2014 dan 2015 HPM melakukan ajang serupa dengan rute yang berbeda, dan pada 2014 konsumsi BBM Honda Mobilio sempat tembus 26,7 km/liter dalam medan yang lebih datar dan tanpa kemacetan panjang seperti yang dialami Sabtu pagi ini.

Berikut nama pemenang Honda Mobilio Battle of Efficiency:


Dari kalangan komunitas:

1. Indra Rizki (Depok): 24,1 km/liter

2. Anwar Hadi (Jakarta): 23,7 km/liter

3. Yoko Mardhian Mulyanto (Depok): 23,5 km/liter


Dari kalangan pembeli potensial:

1. Karli Suryawinata: 21,4 km/liter

2. Bambang Iwan: 21,2 km/liter

3. Wahyu Kurnia: 21,1 km/liter


Dari Media: 

1. Tim 3 dari Kompas.com dan Antaranews.com: 23,4 km/liter

2. Tim 5 dari Ototrend tabloid & Gridoto.com: 22,1 km/liter

3. Tim 2 dari Tabloid Otomotif & Koran Sindo: 20,6 km/liter

(Baca juga: Honda tantang komunitas dan calon pembeli adu irit Mobilio)

Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017