Berlin (ANTARA News) - Angka total pengangguran Jerman turun sedikit lebih tinggi dari perkiraan pada Oktober, di mana data yang ditunjukkan pada Kamis, mencerminkan kekuatan pasar tenaga kerja yang terus menghasilkan lapangan kerja baru dan mendukung kenaikan konsumsi pada ekonomi terbesar di Eropa.

Data yang dipublikasikan oleh Federal Labor Office menunjukkan jumlah pengangguran musiman turun 11.000 menjadi 2,495 juta, sebuah penurunan lebih besar dari perkiraan 10.000 dalam jajak pendapat Reuters.

Sedangkan, tingkat pengangguran tetap berada pada angka 5,6 persen, yang merupakan tingkat terendah sejak reunifikasi pada 1990.

"Perkembangan positif di pasar tenaga kerja terus berlanjut. Kemajuan yang kuat di musim gugur telah menyebabkan pengangguran dan setengah pengangguran turun lebih kuat dari biasanya,” kata Kepala Kantor Tenaga Kerja, Detlef Scheele dalam sebuah pernyataan.

Pasar tenaga kerja yang sehat harus terus mendukung siklus pertumbuhan konsumsi berbasis di Jerman, yang berkontribusi pada meningkatnya pendapatan pajak yang akan memberikan kelonggaran fiskal pemerintah berikutnya untuk meningkatkan investasi.

Kanselir dari partai konservatif Angela Merkel mencoba membentuk pemerintah koalisi dengan partai Demokrat Bebas pro-bisnis (FDP) dan Partai Hijau setelah pemilihan pada September.

Partai Hijau ingin meningkatkan investasi pada teknologi ramah lingkungan serta infrastruktur, digitalisasi dan pendidikan. FDP dan partai konservatif memprioritaskan pemotongan pajak. Demikian diberitakan Reuters.

Penerjemah: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017