Jakarta (ANTARA News) - Dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Dunia 2017, Pusat Hidrografi Oseanografi TNI AL menggelar seminar bertema Mapping Our Seas, Oceans and Waterways More Important Than Ever.




Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, membuka seminar yang digelar di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, kemarin (31/8). 

    

Pernyataan Dinas Penerangan TNI AL, di Jakarta, Jumat, menyatakan, penyelenggaraan seminar nasional ini untuk memperoleh masukan para pakar dari berbagai pemangku kepentingan sebagai bahan dalam merumuskan kebijakan terkait dengan peran Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah.




Sejumlah pembicara hadir pada seminar ini, yaitu Vice Admiral (Retired) Shin Tani dari Gebco, Prof Dr Hasanudin Zainal Abidin dari Badan Informasi Geospasial, serta Kolonel Jamie McMichael-Phillips dari Kantor Dinas Hidrografi Inggris.




Peserta seminar ini organisasi keprofesian bidang maritim/kelautan, perwira TNI AL, praktisi survei dan pemetaan, akademisi dari berbagai perguruan tinggi yang membuka program studi kelautan, pelayaran, perkapalan, geodesi dan geomatika serta penginderaan jauh, pengamat kemaritiman, serta perusahaan penyedia peralatan survei hidrografi dan pemetaan.




Pada kesempatan ini, Supandi juga meresmikan Dewan Hidrografi Indonesia beserta pengurus DHI, sekaligus menyaksikan penandatanganan perjanjian Kerja sama antara Pushidrosal dengan LAPAN dan FPIK IPB.  




Selain acara pembukaan seminar, dalam rangkaian kegiatan ini juga dilaksanakan Peluncuran Buku Peta Alur Sungai Musi dan Pelabuhan Palembang, serta penyematan brevet Surveyor Hidrografi Kehormatan bagi orang yang dianggap berperan dalam perkembangan dan kemajuan Pusat Hidrografi Oseanografi TNI AL.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017