Jakarta (ANTARA News) - Sir Alex Ferguson menyebut cerita perburuan transfer pemain Liverpool Philippe Coutinho oleh Barcelona sebagai kisah yang mengecewakan karena Liverpool dipaksa menjual pemain yang justru berhasil mereka ubah sebagai pemain hebat seperti sekarang.

Coutinho (25) menjadi incaran Barcelona musim panas ini di mana Liverpool sudah menolak tiga tawaran besar-besaran Barca. Liverpool diperkirakan akan ditawari untuk keempat kalinya oleh Barcelona menjelang tutup jendela transfer hari ini.

Pemain Timnas Brasil yang sudah setuju pindah ke Barcelona itu saat ini sedang bersama timnasnya untuk pertandingan penyisihan Piala Dunia melawan Ekuador dan Colombia. Selama musim ini dia tidak dimainkan oleh Liverpool.

Berbicara pada sebuah forum bernama UEFA Elite Coaches Forum di Nyon, Swiss, manajer legendaris Manchester United itu berkata, "Saya kira manajemen yang kuat sangat penting dalam situasi seperti ini. Sebagian tugas Anda sebagai pelatih adalah mendidik karakter pemain-pemain Anda sehingga mereka bertanggung jawab kepada apa yang mereka kerjakan."

"Sudah pasti, dalam beberapa kasus, hal itu sudah sedikit berubah. Itu mengecewakan karena saya yakin dalam kasus Liverpool, mereka sudah melakukan tugas sangat baik dalam mengubah Coutinho menjadi seorang pemain seperti sekarang.

"Jadi itu agak mengecewakan namun Anda harus menghadapinya dan jendela transfer tidak banyak membantu dalam situasi seperti itu. Jika ditutup Juli, Coutinho mungkin terus bermain atau mungkin sudah pergi. Masalah ini pun sudah tak ada."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017