Jakarta (ANTARA News) - JK Rowling melalui Twitter meminta para penggemar Harry Potter untuk tidak memelihara burung hantu setelah dia mendengar cerita yang tidak menyenangkan.

"Saya baru saja membaca cerita yang sangat mengganggu tentang memelihara burung hantu. Seperti membuat Horcrux, ini hanya ada di cerita fiksi. Tolong, jangan," kata Rowling di akun Twitternya @jk_rowling.

Sementara beberapa waktu lalu, aktor "Game of Thrones", Peter Dinklage, seperti dilansir dari laman Digital Spy, mengetahui banyak penggemar serial itu yang membeli anjing husky karena terlihat seperti "direwolves".

Sayangnya, anjing itu banyak yang dibiarkan begitu saja sehingga angka penelantaran anjing meningkat.

"Tolong, untuk semua penggemar 'Game of Thrones', kami paham karena popularitas direwolves, banyak yang membeli husky," katanya.

"Ini tidak hanya menyakiti anjing liar yang ingin mendapat tempat di penampungan, tapi, ada laporan banyak husky yang ditelantarkan, yang sering terjadi karena memiliki anjing tanpa memahami kebutuhan mereka," kata Dinklage dalam keterangan tertulis.

"Tolong, tolong, kalau ingin bawa anjing ke rumah, pastikan Anda siap menerima tanggung jawab yang besar ini dan harap ingat, selalu adopsi dari penampungan," tambah dia.

Organisasi PETA menyatakan ini bukan pertama kalinya budaya populer menyebabkan penelantaran anjing.

Dulu, film "Men in Black", "Legally Blonde" dan "101 Dalmatians" juga menyebabkan kasus yang serupa.

(Baca: JK Rowling tulis manuskrip rahasia di gaun pesta)

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017