Jakarta (ANTARA News) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai agen pembangunan dinilai harus dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam semua aspek, termasuk pembangunan karakter yang diharapkan memberikan efek positif sebagai penggerak roda ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan dan kemakmuran Indonesia.

"Pancasila sebagai dasar negara berperan besar dalam menjaga kesatuan dan persatuan. Penting bagi kita untuk menjaga dan memahami fungsi Pancasila dalam menggerakkan dan membimbing seluruh elemen bangsa dalam melaksanakan pembangunan," kata Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro dalam bincang santai bertajuk "Ngobrol Pancasila: Saya Indonesia, Saya Pancasila", di Jakarta, Jumat.

Hadir acara tersebut Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, Wakil Rektor UGM Dr. Paripurna Sugarda, SH, M.Hum, LLM, budayawan KH. D. Zamawi Imron, serta seniman dan generasi muda Giring Ganesha.

Menurut Imam, dalam acara itu Pancasila dibahas dari berbagai sudut pandang untuk membangkitkan inspirasi bagi para peserta "Ngobrol Pancasila" dalam mengamalkan Pancasila secara tepat dan utuh.

Bincang santai tersebut dilaksanakan untuk memperdalam pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila bagi pegawai Kementerian BUMN, humas dan karyawan BUMN, Duta BUMN, Mahasiswa, dan Siswa Mengenal Nusantara.

Untuk memeriahkan Hari Lahir Pancasila tahun ini, Pemerintah mengadakan Pekan Pancasila dengan tema "Saya Indonesia, Saya Pancasila" yang diselenggarakan mulai 29 Mei hingga 4 Juni 2017.

Selain mengadakan bincang santai dengan tema Pancasila, Kementerian BUMN beserta perusahaan milik negara juga ikut memeriahkan Pekan Pancasila melalui publikasi tema dan logo di sosial media dengan tagar #PekanPancasila #SayaPancasila #PancasilaReborn #KenalPancasila #PancasilaPunyaKita #PancasilaSatu #Pancasila2017 serta lomba menyanyikan lagu Garuda Pancasila.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan Pekan Pancasila di masing-masing BUMN, Kementerian BUMN akan memberikan penilaian termasuk pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila. Para pemenang akan mendapatkan sertifikat langsung dari Menteri BUMN.

Pekan Pancasila yang digagas oleh Pemerintah diharapkan dapat menguatkan dan memperkenalkan kembali dasar-dasar Pancasila serta menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila. Dengan demikian seluruh komponen masyarakat diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

(T.R017/B008)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017