Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dipastikan tanpa wakil dalam partai final kejuaraan bulu tangkis China Masters 2017 setelah wakil-wakil Merah Putih tersingkir di empat besar.

Berdasarkan laman resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang dipantau di Jakarta, Sabtu, pasangan ganda campuran Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia harus menghentikan langkahnya setelah tumbang oleh wakil tuan rumah, Wang Yilyu/Huang Dongping.

Dalam pertandingan semifinal di Xincheng Gymnasium, Changzhou, Jiangsu, Hafiz/Shela menyerah dari pasangan Wang/Huang dalam pertarungan dua gim langsung berdurasi 34 menit, 16-21, 8-21.

Penampilan Hafiz/Shela memang antiklimaks di putaran empat besar ini di mana Hafiz/Shela yang merupakan unggulan kedua, harus mengakui ketangguhan Wang/Huang yang dijagokan di tempat kelima.

"Hafiz/Shela agak kurang sabar, tetapi posisi lawan juga memang tidak gampang dimatikan. Hafiz/Shela sering terburu-buru mau mematikan bola, tetapi jadinya malah melakukan kesalahan sendiri," kata Asisten Pelatih Ganda Campuran PBSI Vita Marissa.

Sementara itu, pasangan ganda putra Berry Angriawan/Hardianto juga tak dapat menjaga asa tim tanah air selepas Berry/Hardi ditundukkan wakil Negeri Sakura, Takuto Inoue/Yuki Kaneko 9-21, 13-21 dalam waktu 38 menit.

"Berry/Hardianto terlalu banyak melakukan unforced error, bola-bola di depan net juga gagal dimanfaatkan, jadi selalu terlalu tertekan. Pertahanan Berry/Hardi juga kurang baik, begitu dapat serangan, mereka juga tidak bisa mematikan," ujar Asisten Pelatih Ganda Putra PBSI Aryono Miranat.

Berry/Hardianto yang dinilai kalah dari segi penempatan bola-bola datar, Aryono menekankan akan ada evaluasi penampilan terhadap keduanya.

"Evaluasinya, ke depan semuanya perlu ditingkatkan, baik kualitas fisik maupun mental," ucap Aryono menambahkan.

Sementara itu, Hendra Setiawan yang kini berduet dengan pemain Malaysia, Tan Boon Heong, juga tak dapat melewati putaran semifinal.

Hendra/Tan dikalahkan unggulan pertama dari Taiwan, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin, setelah berjuang tiga gim selama 41 menit dan akhirnya menyerah dengan skor 14-21, 21-13, 18-21.

(T.R030/R010)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017