New York (ANTARA News) - Sejumlah produsen mobil ternama meramaikan pameran New York Auto Show yang dibuka pada 14-23 April 2017 dengan memamerkan berbagai kendaraan dari segmen sport utility vehicles (SUV) terbaru yang irit bahan bakar, kendaraan listrik hingga hybrid untuk pasar Amerika Serikat (AS).

Ford Motor Co memamerkan SUV mewah Lincoln Navigator yang didesain ulang dengan body aluminium sehingga mengurangi bobot kendataan hingga 90,72 kilogram.

Subaru Corp meluncurkan Ascent SUV Concept tujuh penumpang yang akan diproduksi massal pada 2018. Sedangkan General Motors Co memamerkan SUV besar juga dengan kapasitas tujuh penumpang yang dinamai Buick Enclave.

Tidak mau kalah, Fiat Chrysler memamerkan Jeep Grand Cherokee edisi terbatas yang diklaim mampu menghasilkan 707 tenaga kuda berkat mesin 6.2-liter V-8.

Toyota Motor Corp memamerkan mobil konsep masa depan yang diberi nama "FT-4X".

SUV menyumbang hampir 40 persen dari total penjualan kendaraan di AS pada 2016, jumlah itu naik 32,6 persen jika dibandingkan penjualan tahun 2014.


General Motors Buick Regal Wagon


Mobil Listrik

Para produsen kendaraan yang berinvestasi dalam dana berjumlah besar guna pengembangan mobil listrik turut memamerkan kendaraan masa depan pada pameran ini.

Ford menginvestasikan dana 4,5 miliar dolar AS akan memperkenalkan 13 model kendaraan listrik dan hibrida terbaru selama lima tahun ke depan, kata Chief Executive Officer Ford, Mark Fields, kepada wartawan di New York.

Honda Motor Co meluncurkan Honda Clarity dalam dua versi, mobil listrik dan plug-in hybrid pada pameran itu. Produsen mobil Jepang itu memprediksi mobil listrik dan hibrid akan menguasai dua per tiga penjualan kendaraan pada 2030.

Nissan Motor Co mengatakan akan memamerkan versi baru dari mobil listrik Nissan Leaf dengan baterai yang lebih lama pada akhir tahun ini. Sedangkan Volkswagen akan menjual setidaknya tiga kendaraan listrik terbaru pada tahun 2020.

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2017