Beverly Hills, California (ANTARA News) - Musim penghargaan Hollywood dimulai pada Minggu dengan banyak bintang menggunakan kesempatan tersebut untuk mengungkapkan pendapat politiknya dua hari menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat.

Robert De Niro mengajak pemirsa Penghargaan Film Hollywood memilih Hillary Clinton saat ia mengatakan iklim politik saat ini menyerupai film dari Marx Brothers, ketika "orang gila memerintah dunia", kata penyelenggara acara.

De Niro, yang sebelumnya menyebut calon dari Partai Republik Donald Trump "benar-benar gila" mendapatkan Penghargaan Komedi Hollywood untuk perannya sebagai pelawak menua dalam "The Comedian".

Dalam acara dimulai pada 1997 dan menandai musim penghargaan dimulai dengan puncak piala Oscar tersebut, aktor dan aktris tenar meraih penghargaan atas film berdasarkan atas kejadian nyata.

Tom Hanks merebut Penghargaan Aktor Hollywood atas perannya sebagai pilot perusahaan, yang melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson pada 2009 dalam film "Sully", sedangkan Natalie Portman meraih Penghargaan Aktris Hollywood untuk perannya sebagai Jacqueline Kennedy di film "Jackie".

Nicole Kidman memenangkan Penghargaan Aktris Pendukung Hollywood untuk drama "Lion" dan Hugh Grant mendapatkan Penghargaan Aktor Pendukung untuk film "Florence Foster Jenkins".

Selain itu, Eddie Murphy juga mendapatkan Hollywood Career Achievement Award.

"Ini membuat Anda merasa tua, karena ini penghargaan atas capaian dalam karir dan mereka melihat pada semua kemampuan Anda," kata Murphy di karpet merah, demikian Reuters.

(R030)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016