Jayapura (ANTARA News) - Tim SAR menemukan pesawat Caribou dengan kode penerbangan PK-SWW milik Pemerintak Daerah (Pemda) Puncak, Papua, sekitar pukul 06.30 WIT.

"Tim SAR saat ini sedang dipersiapkan menuju lokasi," Kepala SAR Timikia Mahfud kepada Antara, Selasa.

Tim SAR Timika dan TNI Angkatan Udara kemarin mencari pesawat DHC4 Caribou PK-SWW milik Pemerintah Puncak, yang diduga jatuh karena hilang kontak sejak Senin pagi, di wilayah perbatasan Distrik Jila dan Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Kepala Sub Seksi Operasi Kantor SAR Timika Hendra Salawane kemarin mengatakan tim SAR Timika dan TNI Angkatan Udara mengerahkan helikopter untuk mencari pesawat tersebut, namun kabut tebal menghalami upaya pencarian.

Misi pencarian difokuskan di lokasi tertangkapnya signal ILT pesawat DHC4 Caribou di kawasan perbatasan Distrik Jila dan Ilaga.

Pesawat DHC4 Caribou yang kemarin pagi hilang kontak dipiloti oleh Kapten Farhat Limi, serta kru yang meliputi R Fendi Ardianto, Steven dan Andi Baringan. Pesawat itu mengangkut bahan bangunan seberat 3,1 ton menuju Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak.

Pesawat itu berangkat dari Bandara Mozes Kilangin Timika pada Senin pukul 07.57 WIT dan dijadwalkan mendarat di Bandara Aminggaru Ilaga pukul 08.22 WIT.

Kontak pertama radio di Ilaga dengan pilot pesawat terjadi pada pukul 08.23 WIT. Pilot melaporkan bahwa pesawat baru akan mendarat di Ilaga pada pukul 08.27 WIT.

Pada pukul 08.30 WIT, petugas di Bandara Ilaga kembali mengontak pilot pesawat melalui radio, namun tidak ada tanggapan. Selanjutnya petugas Bandara Aminggaru Ilaga meminta bantuan pesawat lain yang melintas di lokasi itu untuk menginformasikan jika menemukan tanda-tanda keberadaan pesawat DHC4 Caribou.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016