Atmsfernya sulit, namun di saat yang sama saya menikmatinya
Rio de Janeiro (ANTARA News) - Juara Olimpiade London Andy Murray mencapai semifinal turnamen tenis putra Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, pada Jumat, setelah memenangi tiebrek set ketiga saat berhadapan dengan Steve Johnson asal AS.

Petenis Spanyol Rafa Nadal juga mengamankan tiket ke semifinal dengan kemenangan atas pahlawan tuan rumah Brasil Thomaz Belucci, dengan bangkit setelah kalah pada set pertama.

Murray, petenis peringkat kedua dunia asal Inggris Raya, melaju ke empat besar dengan kemenangan 6-0, 4-6, 7-6 (2) namun harus berjuang keras untuk dapat mengatasi permainan petenis peringkat 22 dunia, Johnson.

Kedua petenis saling mematahkan servis lawan dan melepaskan tembakan-tembakan keras pada set terakhir, namun Murray memperlihatkan ketenangannya untuk memenangi tiebreak, menutup pertandingan dengan overhead smash akurat.

"Ini merupakan pertandingan yang sangat berat dan saya baru mampu memastikannya pada akhir," kata Murray kepada para pewarta. "Bagi saya, ini tidak ada kaitannya dengan memenangi medali emas di London. Bagi saya, ini adalah mengenai berusaha untuk memenangi lebih banyak medali untuk negara dan tim," tambah Murray seperti dikutip Reuters.

Murray akan menghadapi petenis Jepang Kei Nishikori yang menyingkirkan Gael Monfils asal Prancis dengan skor 7-6(4), 4-6, 7-6(6) melalui tiebreak menegangkan di set ketiga setelah berulang kali mencatatkan match point.

Nadal, yang menghuni peringkat kelima di dunia, diuji oleh petenis peringkat 54 Belucci di lapangan tengah stadion yang dipenuhi dengan para penggemar Brasil yang bersemangat, namun ia menemukan ritmenya dalam dua set terakhir, untuk mengunci kemenangan 2-6, 6-4, 6-2.

"Atmsfernya sulit, namun di saat yang sama saya menikmatinya," kata Nadal kepada para pewarta, "Saya mampu untuk bangkit dalam sejumlah situasi sulit."

Nadal akan berhadapan dengan petenis Argentina Juan Martin del Potro, yang melaju berkat kemenangan 7-5, 7-6(4) atas Roberto Bautista Agut asal Spanyol, yang memicu yel-yel bersemangat dari para penggemar yang sebagian mengenakan kaus biru-putih untuk mendukung Argentina.

Nadal juga akan berduet dengan Marc Lopez pada final kategori ganda putra melawan pasangan Romania Florin Mergea dan Horia Tecau.

Pada semifinal pertama tunggal putri, Monica Puig asal Puerto Riko mengalahkan Petra Kvitovas asal Republik Ceko untuk memberinya peluang memberikan medali emas Olimpiade untuk pertama kalinya kepada negaranya.

Petenis peringkat 34 dunia Puig memenangi set ketiga yang menentukan melalui skor 6-4, 1-6, 6-3. Ia akan berjuang di final untuk apa yang dapat menjadi medali pertama bagi negaranya di Olimpiade Rio.

"Itu akan sulit dipercaya dan itu akan menjadi kehormatan besar bagi dunia," kata Puig kepada para pewarta mengenai prospek memenangi medali emas.

"Pulau itu penuh dengan kabar buruk sepanjang waktu, maka setiap kali terdapat Olimpiade dan seseorang dari pulau itu memenangi medali semuanya terhenti, dan saya tahu betapa gembiranya masyarakat."

Puerto Riko, yang menghadapi krisis finansial yang dalam, hanya pernah memenangi delapan medali pada Olimpiade-Olimpiade sebelumnya, sebagian besar dari cabang olahraga tinju.

Puig akan berhadapan dengan juasa Australia Terbuka Angelique Kerber pada final, setelah petenis Jerman itu menang 6-3, 7-5 atas Madison Keys pada semifinal lainnya.

(Uu.H-RF)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016