Bandung (ANTARA News) - PTKA Daop II Bandung melakukan persiapan penyambutan Kontingen PON XIX/2016 Jawa Barat yang menggunakan kereta api.

"Kami menata Stasiun Bandung untuk penyambutan kontingen, rencananya seluruh kontingen akan keluar menggunakan pintu selatan," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Franoto Wibowo di Bandung, Kamis.

Ia memperkirakan rombongan atau kontingen yang akan tiba di Stasiun Bandung berkisar 10-14 September 2016 atau beberapa hari menjelang pembukaan PON XIX/2016 Jabar pada 17 September 2016.

"Diperkirakan, rombongan kontingen itu datang ke Bandung sekitar seminggu sebelum PON dimulai (17-29 September). Kita melakukan kesiapan infrastruktur," kata Franoto.

PTKA Daop II Bandung melakukan pembenahan dan pembebasan lahan di sekitar Stasiun utara yang rencananya akan digunakan untuk parkir bus yang akan membawa anggota kontingen. lahan itu bisa menampung hingga 100 unit bus dengan keleluasaan manuver.

"Jalur di stasiun utara dilakukan rekayasa, mulai Kamis (11/8) dilakukan satu arah saja dari barat ke timur. Sebelumnya jalur itu dua arah," katanya.

Tak hanya bangunan liar, pihaknya juga membongkar bangunan yang semula akan digunakan sebagai portal gardu tiket parkir. Pembongkaran ini untuk memberikan keleluasaan manuver bus. Selain itu, untuk kepentingan parkir di lahan itu pun dalam waktu dekat ini akan dipagari.

"Kami akan fokus dan melakukan persiapan maksimal untuk melayani kontingen yang menggunakan moda kereta api," kata Franoto Wibowo menambahkan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016