Berlin (ANTARA News) - Kapten timnas Jerman Bastian Schweinsteiger menyatakan pensiun dari ajang sepak bola internasional setelah melakoni 120 laga selama 12 tahun bersama skuad Der Panzer.

"Saya telah berbicara kepada pelatih agar tidak memilih saya lagi bagi tim nasional karena saya berkeinginan mengundurkan diri," kata pemain berusia 31 tahun itu via media twitter.

"Kami mampu menorehkan kemenangan bersejarah dengan meraih gelar juara dunia 2014. Ini benar-benar mewarnai perjalanan karier saya selama ini."

"Itulah sebabnya saya ingin mengucapkan selamat tinggal bagi timnas yang bersiap menghadapi laga babak kualifikasi Piala Dunia 2018," katanya sebagaimana dikutip dari laman HITC.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Schweinsteiger kecewa dengan kegagalan yang diderita Jerman setelah ditundukkan Prancis di semifinal Piala Eropa 2016.

Gelandang serang itu berperan tidak kecil membawa Jerman menekuk Argentina di final Piala Dunia 2014 di Brasil.

Pelatih timnas Jerman Joachim Loew mengatakan, "Sebagai pelatih, saya berhutang banyak kepada dia, untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas segala sesuatu yang telah ia berikan."

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016