Memiliki rumah pastinya merupakan impian setiap orang, walaupun pembelian dilakukan dengan cara kredit, nilai rumah akan selalu naik.Berbeda dengan barang elektronik ataupun kendaraan bermotor.

Sebelum mengajukan dan melakukan proses kredit kepemilikan rumah melalui bank, umumnya sudah menjadi hal wajib bagi Anda untuk mempersiapkan DP atau uang muka. Uang muka tersebut akan dijadikan sebagai tanda perjanjian awal kerja sama dan komitmen antara Anda dan pihak ketiga (Bank).
 
Namun, sering kali DP atau uang muka juga cukup memberatkan bagi sebagian orang. 
 
Contohnya apabila nilai rumah yang sudah menyentuh angka Rp400 juta dan minimal uang muka yang harus dibayarkan sebesar 10%, maka nominal yang harus dibayarkan tidak kurang dari Rp40 juta, tentu bukan nilai yang sedikit dan tidak semua orang mempunyai dana tersebut di rekeningnya.

Jadi, sebelum Anda ingin mendapatkan rumah dengan uang muka ringan, ada baiknya Anda juga menabung dan mempersiapkan dana tersebut. Dan mencari pinjaman lain untuk membayar uang muka bukanlah solusi karena pada akhirnya akan menambah beban, dimana itu artinya kedepannya Anda harus membayar biaya cicilan rumah dan juga biaya yang Anda pinjam untuk DP atau uang muka murah.

Setelah Anda menabung dan sudah memiliki dana yang cukup untuk uang muka, maka saatnya untuk mencari rumah dengan uang muka ringan. Saat ini, bukanlah hal yang mustahil untuk mendapatkan rumah dengan uang muka ringan. Kuncinya harus sabar dan update tentang perkembangan rumah baru di wilayah yang diinginkan menjadi destinasi hunian Anda. Dilansir oleh Lifull.ID, berikut 4 tips menemukan rumah dengan uang muka ringan.

1.Mencari Developer Yang Menawarkan Promo
Ini merupakan tips yang paling mudah dan menguntungkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa developer selalu punya cara menarik untuk menarik minat masyarakat. 
Banyak hal akan dilakukan demi mengejar target penjualan termasuk menawarkan promo uang muka yang berkisar 5% hingga 15%. Pada umumnya developer yang menawarkan promo dengan uang muka ringan juga memasarkan unit yang akan dijual sejak pembangunan baru dilakukan dan dibutuhkan waktu untuk menempatinya. 

Tapi hal tersebut harusnya tidak menjadi masalah, karena bila menunggu rumah tersebut jadi pastinya nilainya akan lebih tinggi.

Namun, jangan juga cepat terpengaruh oleh promo tersebut. Perhatikan juga pengalaman dan portofolio dari developer, jangan sampai tertipu dengan kemudahan cara pembayaran yang ditawarkan. 

2.Memanfaatkan Panasnya Persaingan Antar Developer
Untuk memanfaatkan cara ini maka Anda harus mencari wilayah yang sedang berkembang dan terdata banyak pembangunan perumahan. 

Salah satunya contoh wilayah berkembang di Jabodetabek adalah Cibubur, Cileungsi dan sekitarnya. Meski sempat terpuruk dan kerap menjadi sorotan karena kemacetan yang sering terjadi, ke depan kawasan ini akan kembali menjadi favorit karena didukung dengan pembangunan tol baru yaitu Jakarta Outer Ring Road (JORR)2 serta Depok-Antasari.

Selain itu, adanya pembangunan transportasi modern Light Rapid Trans(LRT) juga menjadi daya tarik lain yang mampu menaikkan kembali nilai jual di kawasan cibubur dan sekitarnya.

3.Mencari Rumah Dijual Di bawah Harga Pasar
Apabila rumah dijual dengan harga Rp150 juta, pastinya DP atau uang muka sebesar 10% bukanlah nilai yang besar. Namun, cara ini tidak selalu bisa menjadi pilihan, karena apabila target wilayah Anda merupakan kawasan perkotaan maka akan sulit untuk mendapatkan rumah dijual di bawah harga pasar.

Pastinya membutuhkan waktu dan Anda juga harus rajin mencari tahu tentang harga properti di sekitar wilayah yang diinginkan. Selain itu, untuk mendapatkan rumah dengan harga murah juga mengharuskan Anda jeli dan mencari tahu apakah permasalahan yang menyebabkan rumah dijual dengan murah.

4.Menaikkan Harga Rumah Sebagai Nilai Kredit Di Bank
Terakhir cara yang dapat dilakukan adalah dengan menaikkan nilai rumah saat pengajuan kredit. Untuk bisa melakukan cara ini dibutuhkan kerjasama dengan developer. 

Jadi, akan lebih baik dari awal Anda menceritakan masalah yang dihadapi yaitu kekurangan untuk DP atau uang muka rumah. Dengan menaikkan harga rumah maka nantinya total dana yang di kredit sudah termasuk biaya DP atau uang muka, sehingga Anda juga dapat segera memiliki rumah.

Itu tadi 4 tips mudah untuk menemukan rumah dengan uang muka ringan, tapi jangan lupa ketika DP atau uang muka sudah dibayarkan terdapat proses BI Checking yang menilai kemampuan keuangan Anda berdasarkan sejarah keuangan Anda. Jadi, perhatikan juga kondisi keuangan Anda selama ini apakah bagus atau tidak.

Untuk menemukan rumah dijual atau perumahan baru kini terdapat situs Lifull.ID salah satu portal properti di Indonesia yang didukung dengan fitur pencarian terkini. Sehingga menemukan properti akan semakin efektif dan efisien.

Pewarta: ADVERTORIAL
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016