Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional sepakbola Portugal ditahan seri tanpa gol oleh Kroasia pada babak pertama putaran 16 besar Piala Eropa 2016 di Bollaert-Delelis, Lens, Prancis, Minggu dini hari WIB.

Portugal menjalani 20 menit awal babak pertama dengan pergerakan cepat dibarengi umpan-umpan panjang yang ditujukan ke sisi sayap, sementara Kroasia terlihat bermain lebih sabar dengan menunggu bola sambil melancarkan umpan pendek ke lini tengah.

Peluang pertama pada laga ini baru tercipta di menit 25 saat Portugal dihadiahkan tendangan bebas menyusul pelanggaran bek Kroasia terhadap Ronaldo.

Guerreiro yang mengambil tendangan bebas itu berhasil mengirimkan bola yang disundul bek Portugal, Pepe, saat berdiri di mulut gawang Kroasia, namun tidak berbuah gol karena bola melambung ke atas gawang Subasic.

Kroasia berhasil mencuri bola dari Nani kemudian melancarkan serangan balik yang dilakukan Perisic, namun sepakan kaki kiri pemain Inter Milan itu melebar ke sisi kanan gawang Portugal pada menit 31.

Pada 15 menit menjelang babak pertama usai kedua tim mencoba memenangi pertarungan di lini tengah namun tidak ada gol yang tercipta hingga wasit menyudahi 45 menit pertama.

Statistik UEFA mencatat Kroasia memiliki 60 persen penguasaan bola berbanding 40 persen. Luca Modric dan kolega berhasil melepaskan tiga tendangan ke gawang Portugal, sementara Portugal hanya satu kali.

Susunan pemain kedua tim dilansir dari UEFA:

Kroasia (4-2-3-1):
Danijel Subasic (G), Ivan Strinic, Domagoj Vida, Vedran Ćorluka, Darijo Srna, Luka Modric, Milan Badelj, Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, Ivan Rakitic, Mario Mandzukic.
Pelatih: Ante Cacic.

Portugal (4-4-2) : Rui Patrício (G), Cedric, Pepe, José Fonte, Raphael Guerreiro, William Carvalho, Adrien Silva, Joao Mario, Andre Gomes, Cristiano Ronaldo, Luis Nani.
Pelatih: Fernando Santos.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016