Bedugul, Bali (ANTARA News) - Pangsa pasar segmen SUV diperkirakan bakal naik melebihi 20 persen dari total pasar mobil di Indonesia pada 2016, demikian disampaikan Kepala Grup Penjualan MMC PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Indonesia (KTB) Imam Choeru Cahya.

Salah satu faktor pendorong hal tersebut antara lain adalah keluarnya model baru di segmen SUV dari beberapa merek, termasuk Mitsubishi All New Pajero Sport, yang distribusi resminya di Indonesia dipegang oleh KTB, serta Toyota All New Fortuner.

"Ada kemungkinan komposisi pasar nasional memang bergeser dengan keluarnya model baru, termasuk dari pesaing juga, dalam kurun waktu 2-5 tahun ke depan. Kemungkinan naiknya di atas 20 persen," kata Imam di sela-sela gelaran "Dewata Explore with the All New Pajero Sport" di Bali, 10-12 Mei 2016.

Imam menyebutkan pihaknya sendiri memandang optimistis terhadap peluang kenaikan pangsa pasar SUV terhadap total pasar mobil di Indonesia.

Hal itu terlihat dengan pematokan sasaran penjualan yang meningkat lebih dari 50 persen untuk All New Pajero Sport.

"Karena prediksinya SUV memang meningkat, makanya peningkatan sasaran penjualan All New Pajero Sport cukup signifikan dibandingkan yang lama, dari kisaran 11.500 unit menjadi 19.000 unit bagi sepanjang tahun fiskal Mitsubishi, yakni April 2016 hingga Maret 2017 nanti," kata Imam.

Menelisik lebih lanjut, Imam mengatakan bahwa faktor lain yang mungkin mendorong terjadinya peningkatan pangsa pasar segmen SUV terhadap total pasar mobil domestik ialah karakter kendaraan SUV yang dianggap memadai untuk kondisi jalan di Indonesia.

Namun demikian, bukan berarti segmen MPV, yang merupakan segmen pasar mobil terbesar di Indonesia, tidak lagi dianggap potensial baik bagi Mitsubishi maupun merek-merek lain yang berdagang di Indonesia.

Oleh karena itu pula, Mitsubishi tengah menyiapkan sebuah model Small MPV yang akan diproduksi perdana di Indonesia di pabrik baru mereka di kawasan Greenland International Industrial Center, Deltamas, Bekasi, yang sejauh ini proses pembangunannya telah rampung 90 persen dan dipatok beroperasi penuh mulai April 2017 mendatang.

"Pangsa pasar MPV memang sepertinya akan mengecil, pun demikian masih tetap potensial sebagai yang terbesar sumbangannya atas pasar mobil di Indonesia," pungkas Imam.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016