Agen tunggal pemegang merek Bentley di Indonesia, PT Grandauto Dinamika (GAD), baru-baru ini secara resmi memperkenalkan model terbarunya untuk pasar Indonesia, Continental GT V8 S, dalam gelaran yang sengaja dibalut kesan intim untuk kalangan media dan dilanjutkan kepada para pemilik maupun pembeli potensial di Sirkuit Sentul, Bogor, Jumat (29/4).

GAD sengaja memilih Sentul agar hadirin bisa sekaligus menjajal keandalan Continental GT V8 S di lintasan yang lebih memadai untuk memamerkan kebolehan mobil pabrikan Inggris yang kini secara global berada di bawah grup Jerman, Volkswagen itu.

CEO GAD, Roland Staehler, mengatakan pihaknya merasa bahwa masyarakat Indonesia pada umumnya belum kenal betul dengan berbagai keunggulan signifikan dari Bentley terlebih Continental GT V8 S yang memang baru pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

Selain Continental GT V8 S, Bentley juga menyediakan satu unit lain dari lini Continental, yakni Continental GT Speed, yang bisa turut dijajal oleh hadirin. Pihak GAD tak menyebutkan angka harga yang ditawarkan untuk kedua model tersebut, namun menyebutkan banderolnya lebih dari Rp8,5 miliar.

ANTARA News bersama sejumlah media lain turut berkesempatan untuk mencicipi kebolehan Continental GT V8 S, berikut ulasannya.

Khas di luar, mewah di dalam
Continental GT V8 S memiliki dimensi panjang 4,806 m, lebar 2,227 m, tinggi 1,394 m dan bobot bruto 2,75 ton dengan mengusung rancangan khas Bentley bergaris bodi berciri khusus yang seolah memadukan sisi ikonik masa lalu dan gaya modern masa kini.

Varian S mendapatkan kelebihan lain dibandingkan lini Continental GT lain yakni desain yang lebih dramatis demi meningkatkan kemampuan di jalan raya, menggunakan bodi yang lebih rendah untuk mengesankan kerampingan mobil.

Continental GT V8 S disemati grill radiator hitam doff dilengkapi bingkai krom yang bersambungan dengan garis tunggal krom samping hingga ke belakang mobil serta menggunakan saluran pembuangan ganda nan lebar, mencerminkan tenaga besar milik mesin V8 yang dipakai.

Di bagian roda, mobil tersebut menggunakan pelek berdiameter 21 inci berhiaskan tanda S bermodel palang terbuka digabungkan dengan cakram berdiameter besar warna merah yang menimbulkan kesan garang.

Sementara itu di bagian dalamnya, mobil ini dibalut kemewahan yang menjadi syarat mutlak sebuah mobil premium termasuk dasbor berlapis kulit yang halus kala disentuh, taburan panel kayu pilihan, krom berkilau serta karpet yang menggunakan wol nyaman hasil kreasi tangan terampil pabrik Bentley di Crewe, Inggris.

Joknya begitu nyaman dengan pengaturan elektrik untuk menyesuaikan kenyamanan posisi berkendara, dengan ruang pandang yang lebih dari cukup di hadapan anda. Begitu juga dengan posisi roda kemudi yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan pengemudi.

Emblem V8 S nan mewah berkilau disematkan di sisi kiri dan kanan selain juga komposisi detail panel krom yang berpadu dengan panel Piano Black.

Sistem multimedianya menyediakan layar utama berteknologi sentuh berukuran 8 inci dengan kemampuan menampilkan sistem navigasi, audio berdaya tampung 30 GB, percakapan telepon hingga pengaturan kenyamanan suspensi udara.

Performa unggul nan nyaman
Continental GT V8 S dibekali mesin berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 4.000 cc dengan teknologi twin scroll berparalel turbocharger demi mencapai tingkat efisiensi tinggi dengan hasil tenaga maksimal hingga 521 bhp (528 ps/389 kW) pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak pada putaran 1.700 rpm.

Tenaga besar itu disalurkan oleh sistem transmisi otomatis ZF dengan delapan tingkat percepatan yang diatur agar menghasilkan daya maksimal tanpa usaha berlebih dengan akselerasi serta perpindahan gigi yang halus.

Seperti yang dijanjikan, mobil ini meningkatkan kecepatannya tanpa menimbulkan hentakan bagi pengemudi maupun penumpangnya, semua berjalan dengan halus dan mulus.

Mobil itu diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik, namun sayang karena lintasan lurus Sirkuit Sentul sengaja ditutup oleh pihak penyelenggara uji kendara, ANTARA News tak bisa secara langsung membuktikan itu.

Demikian juga dengan klaim kecepatan tertinggi 308 km/jam yang belum sempat terjajal, ANTARA News hanya mampu menyentuh kecepatan 145 km/jam di lintasan yang beberapa kali berkelok walaupun kecepatan tersebut cukup untuk mengaktifkan rear spoiler atau sayap belakang yang otomatis menyembul jika mobil telah mencapai kecepatan 140 km/jam.

Dengan kemampuan setingkat itu, V8 S memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup ekonomis dengan rata-rata 10,6 liter per 100 km atau daya tempuh 9,4 km per liter dengan tingkat gas buang CO2 246 g/km.

Meski berkemampuan tinggi, Bentley tak melupakan kenyamanan V8 S yang diberikan penyesuaian sasis demi memberikan kelincahan berkendara.

Bentley menyematkan sistem pengaturan suspensi khusus yang dibuat menjadi lebih sportif dengan ketinggian suspensi yang dikurangi 10 mm dan beban tekanan suspensi disesuaikan 45 persen di depan dan 55 persen di belakang.

Sedangkan kekakuan ayunan suspensi dibuat menjadi lebih keras hingga 70 persen untuk mengimbangi tenaga mesin yang ruah ditambah anti-roll bar di suspensi belakang yang mengeras 54 persen guna mengurangi tingkat body-roll kala bermanuver cepat.

Di dalam kabin terdapat juga sistem untuk mengatur agar tingkat berkendara bisa disesuaiakan keinginan pengguna, yakni lebih ke sporty atau lebih ke nyaman.

Opsi personalisasi
Bagi kalangan tertentu memiliki mobil mewah saja tidaklah cukup, oleh karena itu laiknya untuk model-model lain, Bentley memberikan berbagai opsi personalisasi untuk memenuhi kesesuaian gaya dengan pemiliknya.

Untuk pilihan warna, sebagaimana varian sebelumnya di lini Continental GT, V8 S juga tersedia dalam 17 pilihan warna, yang bisa diaplikasikan untuk balutan luar maupun sentuhan di bagian dalam kabin.

Selain itu tersedia juga Sport Exhaust System tanpa peredaman suara khusus dengan desain pipa dan model yang berbeda bagi anda yang menggemari suara garang khas mesin V8 bertenaga khas mobil Sport.

Tak puas dengan pelek standar yang terpasang? Anda bisa mengaplikasikan pelek Mulliner Driving Specification berdiameter 21 inci bermodel palang tujuh Black Edition.

Pedal juga tersedia opsi personalisasi yakni yang bermaterial besi bermotif rongga sportif, selain pilihan mengubah bahan pelapis kabin menjadi diamond-quilted bermotif rongga.

Sedangkan untuk lampu depan dan belakang disediakan model rona hitam serta pengaplikasian kaca samping Beluga Gloss untuk menambah kesan garang yang makin cocok dengan bodi rendah ala V8 S.
Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016