Sochi (ANTARA News) - Pemuncak klasemen kejuaraan Formula 1 Nico Rosberg mengukir kemenangan ketujuhnya secara beruntun di Grand Prix Rusia pada Minggu. Rekan setimnya Lewis Hamilton bangkit dari start di posisi kesepuluh untuk dapat mengamankan finis satu-dua bagi Mercedes.

Balapa diawali dengan situasi kacau, pebalap Ferrari Sebastian Vettel terdorong ke tembok oleh pebalap Red Bull Daniil Kvyat, namun Rosberg menjalani sore hari tanpa masalah meraih kemenangan yang ke-18 sepanjang kariernya.

Pebalap Jerman itu menyamai pencapaian rekan senegaranya Michael Schumacher dalam memenangi tujuh balapan secara beruntun, di mana hanya Vettel (sembilan balapan pada 2013 bersama Red Bull) dan almarhum Alberto Ascari asal Italia yang lebih unggul daripada mereka.

Hamilton tertinggal 25 detik di belakang Rosberg, di mana pebalap Ferrari Kimi Raikkonen finis di urutan ketiga setelah memenangi pertarungan dengan sesama pebalap Finlandia yang membela Williams Valtteri Bottas, yang mengawali balap dari baris depan.

Rosberg, yang memenangi tiga balapan terakhir pada 2015 dan kini telah mengoleksi empat kemenangan pada empat balapan pertama 2016, unggul atas juara dunia tiga kali Hamilton sebesar 43 angka di klasemen, dengan 17 balapan tersisa.

(Uu.SYS/C/H-RF/C/I015) 

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016