Jakarta (ANTARA News) - Universitas Pancasila (UP) Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menambah jumlah guru besar di kampus yang terletak di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Kami tentunya juga ingin terus meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa dengan dosen-dosen yang berkualitas," kata Wahono usai melantik jajaran pejabat di lingkungan Kampus Universitas Pancasila Jakarta, Kamis.

Wahono berharap dalam kurun waktu lima tahun ke depan UP diharapkan mampu menambah jumlah guru besar hingga pada batas ideal. Di mana saat ini total dosen yang mengajar ada 400 orang.

Untuk memenuhi syarat universitas ideal, jumlah guru besarnya itu 20 persen dari jumlah dosen tetap. Saat ini jumlah guru besar tetap hanya 19 orang. Sehingga pihaknya terus mendorong agar jumlahnya bertambah menjadi 80 orang.

"Harus ada tambahan 61 orang guru besar lagi. Berbagai dorongan dan dukungan terus dilakukan bagi dosen guna terus melakukan penilitian dan meningkatkan strata pendidikan," ujarnya.

Ia mengatakan untuk menambah jumlah guru besar merupakan tantangan dan kami harus siap untuk melakukannya, agar mutu lulusan perguruan tinggi tersebut semakin meningkat.

"Kami tentunya juga mendorong para dosen untuk melakukan penelitian-penelitian," ujarnya.

Untuk itu katanya, pihak yayasan juga telah menyiapkan dana guna meningkatkan jumlah guru besar dan meningkatkan kualitas dosen yang ada.

Ia juga berharap para dosen terus memotivasi diri agar bisa melakukan hal yang terbaik baru perguruan tinggi tempatnya mengabdi.

Dia mengatakan syarat menjadi guru besar saat ini harus menghasilkan jurnal internasional dan pihak Yayasan telah menyiapkan dana sebesar Rp2,5 miliar untuk peningkatan ke arah itu.

"Saat ini, sudah ada beberapa kandidat yang terinventarisir yayasan dan baru ada lima. Tapi nanti pasti jumlahnya akan semakin bertambah," ujarnya. 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016