Liverpool (ANTARA News) - West Ham United berhasil membalikkan keadaan dan sukses menundukkan Everton dengan skor 3-2 dalam laga lanjutan pekan ke-29 Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Sabtu.

Tim besutan Slaven Bilic itu sebetulnya tertinggal lebih dulu lantaran gol Romelu Lukaku pada menit 13 dan Aaron Lennon menit 56 yang membawa Everton unggul 2-0.

Namun perlahan tapi pasti West Ham akhirnya berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain sejak Kevin Mirallas diusir wasit Anthony Taylor dari lapangan pada menit 34, seteah menerima kartu kuning kedua akibat melakukan pelanggaran terhadap Aaron Cresswell.

Everton membuka keunggulan lewat gol Lukaku pada menit 13 memanfaatkan umpan kiriman Bryan Oviedo.

Meski tertinggal jumlah pemain, Everton mampu menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 atas West Ham dengan gol Lennon pada menit 56 lewat bangunan kerja sama serangan dengan Lukaku.

Lukaku sebetulnya memperoleh kesempatan untuk membawa Everton kian menjauh setelah pemain pengganti Muhamed Besic dilanggar di area terlarang dan wasit menunjuk titik putih, namun bola tendangan penyerang Belgia itu mampu diantisipasi oleh penjaga gawang Adrian.

West Ham yang sejak awal babak kedua menambah daya dobrak menurunkan Andy Carroll menggantikan Reece Oxford dan secara beruntun Alex Song untuk Pedro Obiang serta Diafra Sakho atas Emmanuel Emenike, baru menuai buah kegigihan mereka pada menit 78.

Mark Noble mengirimkan umpan lambung yang disambut tandukan keras oleh Michail Antonio untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Tiga menit berselang West Ham menyamakan kedudukan lagi-lagi lewat sebuah tandukan kali ini melalui kepala Sakho yang menyambut umpan silang terarah kiriman Dimitri Payet.

Petaka besar terjadi bagi Everton pada menit-menit pengujung laga saat Sakho membalas jasa Payet dengan mengirimkan umpan lewat sundulan kepalanya dan diselesaikan oleh gelandang Prancis itu dengan tendangan melewati selangkangan penjaga gawang Joel Robles.

Kemenangan tersebut untuk sementara mengangkat West Ham ke posisi kelima klasemen dengan koleksi 49 poin, meski tempat mereka belum aman mengingat Manchester United (47) baru akan melakoni laga pekan ke-29 menghadapi West Bromwich Albion pada Minggu malam WIB.

Sementara Everton (38) tak beranjak dari peringkat ke-11.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Inggris.

Everton (3-4-3): Joel Robles (PG); John Stones (Muhamed Besic), Phil Jagielka, Ramiro Funes Mori; Bryan Oviedo, Ross Barkley, James McCarthy, Seamus Coleman; Aaron Lennon (Oumar Niasse), Romelu Lukaku (Gareth Barry), Kevin Mirallas
Pelatih: Roberto Martinez

West Ham United (4-3-3): Adrian (PG); Reece Oxford (Andy Carroll), Cheikhou Kouyate, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Mark Novle, Pedro Obiang (Alex Song), Manuel Lanzini; Michail Antonio, Emmanuel Emenike (Diafra Sakho), Dimitri Payet
Pelatih: Slaven Bilic

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016