Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan secara resmi membuka musyawarah kerja nasional Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) di Bekasi, Rabu. "Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim, Mukernas KAMMI secara resmi saya buka," kata dia.

Turut hadir dalam mukernas Menteri Olahraga dan Pemuda Imam Nahrawi dan Walikota Bekasi Rahmad Effendi.

Dalam orasi kebangsaanya, Zulkifli mengatakan, salah satu kunci negara menjadi besar ialah mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kunci negara bisa besar yakni mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kuncinya sumber daya manusia yang memiliki daya saing karena mau memiliki ilmu, pengetahuan dan teknologi. Itu yang menentukan bangsa menjadi besar," ujar Zulkifli.

Zulkifli juga mengatakan dalam menghadapi. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) masyarakat seharusnya tidak berfokus pada sisi ekonomi, tetapi juga politik, keamanan dan sosial budaya.

Secara khusus, dia berharap Organisasi Kemasyarakatan Pemuda bisa membantu menunjukkan pada khalayak bahwa Indonesia merupakan negara demokrasi yang toleran.

"Saya berharap OKP, KAMMI, tunjukkan kita (Indonesia) negara demokrasi. Sampaikan pada teman-teman Indonesia dengan mayoritas muslim tetapi berdemokrasi dengan baik. Indonesia sangat toleran," kata Zulkifli.

"Janganlah kita dikatakan negara kita negara teroris, radikalisme mengauk, Indonesia Islamnya tidak toleran, diskriminasi terhadap hak minoritas," tambah dia.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016