Kami menang di laga pertama dan sekarang kami harus menang karena tampil bertanding di Anfield.
Liverpool (ANTARA News) - Liverpool menghadapi dua sisi kehidupan, antara sucacita dan keprihatinan. Di satu sisi, The Reds berada di atas angin setelah menang 1-0 di leg pertama melawan Stoke City di Britannia Stadium, tiga pekan lalu. Di lain sisi, lini pertahanan pasukan Anfield cenderung rapuh mudah ditembus lawan.

Saatnya pelatih Juergen Klopp memutus tuah bahwa prestasi tim asuhannya naik turun menghadapi musim ini. Liverpool akan menjamu Stoke City pada laga leg kedua semifinal Piala Liga, yang digelar di Stadion Anfield pada Selasa waktu setempat atau Rabu dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Optimisme membuncah, lantaran hasil imbang sudah cukup mengantarkan Liverpool ke final turnamen untuk kali pertama tercatat sejak 2012, ketika mereka meraih gelar juara di Piala Liga dan ditundukkan oleh Chelsea di final Piala FA.

Kedua tim akan menorehkan catatan laga ke-135 di Anfield. Untuk itulah, kedua kubu sama-sama termotivasi meraih kemenangan. Liverpool terus menatap dominasi ketika merespons duel Merseyside, dengan torehan catatan the Reds meraih 51 kali menang dari 67 pertandingan melawan Stoke City, hanya menelan tiga  kali kekalahan.

Liverpool kembali meraih momentum setelah menang melawan Exeter City dan Norwich City, sementara performa The Potters - julukan Stoke City - anjlok drastis karena belum meraih kemenangan datau mencetak gol dalam dua laga terakhir. Bahkan, akhir pekan lalu, tim asuhan pelatih Mark Hughes ini kalah 0-3 dari Leicester.

Rekor The Pottes boleh dibilang jauh dari bersinar ketika tampil di Anfield. Dalam 47 laga tandang ke markas Liverpool, Stoke tidak pernah menang, dengan catatan 37 kalah dan 10 kali imbang.

Hughes perlu memutar otak, karena tim asuhannya dilanda badai cedera. Kapten The Potters, Ryan Shawcross bakal absen karena mengalami cedera otot. Geoff Cameron yang berperan sebagai gelandang di laga leg pertama juga bakal absen.

Marko Arnautovic besar kemungkinan diturunkan meski ia sedikit mengalami cedera hamstring. Lini bek tengah yang ditinggalkan Shawcross akan diisi oleh Marc Wilson dan Marc Muniesa.

Komentar dua pelatih:

* Juergen Klopp (Liverpool):

"Saya mendengar bahwa ada atmosfer spesial di Anfield dalam laga semi-final nanti dan saya benar-benar ingin mengalaminya sendiri. Kami ingin terus meningkatkan performa pertahanan agar makin sempurna."

"Mark Hughes mampu menjalankan tugasnya dengan brilyan selama menangani Stoke. Ia membawa perubahan besar dalam gaya penampilan tim. Sekarang kami berada dalam situasi terbaik jelang menghadapi laga leg kedua. Kami menang di laga pertama dan sekarang kami harus menang karena tampil bertanding di Anfield."

* Mark Hughes (Stoke City):
"Penampilan (Livepool) benar-benar mengancam. Ini bakal menjadi ajang percobaan yang besar bagi kami. Kami tahu dimana kami berdiri sekarang, untuk itu kami harus meraih kemenangan."

"Kami akan benar-benar memotivasi diri menghadapi pertandingan ini. Kami ingin menang dalam laga ini. Kami berharap pada pukul 10 besok, kami boleh menapak ke final untuk kali pertama dalam 40 tahun perjalanan klub. Saya akan terus mengingatkan hal ini kepada para pemain sebelum pertandingan dimulai."

Prakiraan susunan pemain:

* Liverpool (4-3-3):

Mignolet (penjaga gawang), Moreno, Sakho, Toure, Flanagan, Allen, Leiva, Can, Lallana, Benteke, Ibe

* Stoke City (4-2-3-1):
Butland (penjaga gawang), Johnson, Wilson, Wolfscheid, Pieters, Cameron, Whelan, Shaqiri, Affelay, Arnautovic, Bojan

Data dan fakta:   

* Liverpool telah delapan kali melaju ke leg pertama babak semi-final Piala Liga, hanya saja The Reds belum pernah sampai final. Middlesbrough mengalahkan kubu Anfield dengan skor 2-0 pada 1997-98 setelah kalah 2-1 di Anfield di leg pertama.
* Stoke City tampil sebanyak enam kali di Piala Liga, dengan menorehkan sekali imbang dan lima kali kalah.
* Jordan Ibe telah mencetak sepasang gol dan menciptakan assist yang berbuah gol dalam dua laga di ajang Piala Liga.
* Dari sejumlah tim yang tampil di kompetisi ini, Stoke sedikit sekali mencetak gol dalam Piala Liga musim ini (lima gol).
* Liverpool tidak pernah kalah di semi-final Piala Liga yang digelar di Anfield, meski dua laga terakhir berakhir imbang (delapan kali menang, tujuh kali imbang).
* Stoke belum pernah menang ketika tampil di Anfield dalam sebuah kompetisi sejak Maret 1959, 36 laga tandang tanpa meraih satu kemenangan pun (lima kali imbang, 31 kali kalah).
* Liverpool hanya kebobolan sekali dalam delan laga terakhir ketika menjamu Stoke City.
* Stoke untuk kali kedua mampu melaju sampai semi-final di Piala Liga, mencapai final pada 1963-64 dan 1971-72.  
* Roberto Firmino telah melesakkan empat gol dalam tiga pertandingan. Sebelumnya, ia hanya mencetak  satu gol dalam 24 laga di seluruh kompetisi.  
   
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Liverpool: W W L D D


23/01/2016 Norwich City 4 - 5 Liverpool
20/01/2016 Liverpool 3 - 0 Exeter City
17/01/2016 Liverpool 0 - 1 Manchester United
13/01/2016 Liverpool 3 - 3 Arsenal
08/01/2016 Exeter City 2 - 2 Liverpool

* Stoke City: L D W W L

23/01/2016 Leicester City 3 - 0 Stoke City
17/01/2016 Stoke City 0 - 0 Arsenal
13/01/2016 Stoke City 3 - 1 Norwich City
09/01/2016 Doncaster Rovers 1 - 2 Stoke City
05/01/2016 Stoke City 0 - 1 Liverpool

Head To Head:
 
05/01/2016 Stoke City 0 - 1 Liverpool
09/08/2015 Stoke City 0 - 1 Liverpool
24/05/2015 Stoke City 6 - 1 Liverpool
29/11/2014 Liverpool 1 - 0 Stoke City
12/01/2014 Stoke 3 - 5 Liverpool

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Liverpool 2 - 0 Stoke City (16 persen)
* Liverpool 2 - 1 Stoke City (15 persen)
* Liverpool 0 - 0 Stoke City (11 persen)

Prediksi jalannya laga:

* The Reds bakal tampil lebih disiplin dalam menggalang pertahanan untuk menutup pergerakan lawan. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meredam lini serang Stoke yang boleh dibilang tajam meneror pertahanan Liverpool.

* Stoke City bakal tampil agresif sebagaimana mereka tunjukkan ketika melakoni laga pertama melawan Liverpool, meski akhirnya mereka kalah 0-1 di Britannia Stadium, tiga pekan lalu.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Liverpool: 2
* Stoke City: 0


Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016