Pagelaran Kesenian Rakyat dan Bazar 2015 tahun ini kita menunjuk Kota Bogor sebagai tuan rumah. Semoga kemeriahannya sesukses penyelenggaraan tahun lalu di Kabupaten Cianjur,"
Bogor (ANTARA News) - Badan Koordinasi Pembantu Pemerintah Wilayah I, Jawa Barat, kembali menggelar Pagelaran Kesenian Rakyat dan Bazar 2015 yang akan dipusatkan di Kota Bogor pada 13 Desember mendatang.

"Pagelaran Kesenian Rakyat dan Bazar 2015 tahun ini kita menunjuk Kota Bogor sebagai tuan rumah. Semoga kemeriahannya sesukses penyelenggaraan tahun lalu di Kabupaten Cianjur," kata Kepala Bidang Kesos BKPP Provinsi Jawa Barat, Asep Sofyan, di Bogor, Senin.

Dijelaskannya, Pagelaran Kesenian Rakyat dan Bazar 2015 menampilkan beragam kesenian rakyat dari Tanah Pasundan, begitu pula dengan bazar memerkan produk unggulan dari masing-masing kabupaten kota yang ada di wilayah I Jawa Barat.

"Tujuan kegiatan ini untuk memberikan ruang bagi seniman dan budayawan mengembangkan kreatifitasnya," kata dia.

Ia mengatakan, akan ada enam kabupaten kota di wilayah I Jawa Barat yang akan mengikuti Pagelaran Kesenian Rakyat dan Bazar 2015 yakni meliputi Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kota Depok, dan Cianjur. Kegiatan ini akan dibuka oleh Kepala BKPP wilayah I didampingi bupati dan wali kota dari enam daerah.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai sejarah dan filosofi yang terkandung dalam kesenian rakyat," katanya.

Kepala Seksi Kesenian, Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Uci Sanusi, mengatakan, kegiatan Pagelaran Kesenian Rakyat dan Bazar 2015 merupakan kesempatan baik untuk mengenalkan secara luas potensi yang ada di Kota Bogor.

"Kota Bogor sudah memiliki perubahan, lewat kegiatan ini kita bisa mengenalkan potensi yang Kota Bogor miliki seperti Taman Ekspresi yang baru diresmikan," katanya.

Dikatannya, manfaat lain yang dicapai dalam penyelenggaraan kegiatan tahunan tersebut adalah memberikan ruang kepada para seniman di Kota Bogor untuk memperluas dirinya dalam berekspresi.

Ia mengatakan, dalam Pagelaran Kesenian Rakyat tersebut akan ditampilkan kesenian Rineka Galindeng Sora yakni kemasan lagu dalam bentuk pertunjukan seperti kabaret. Ini merupakan hasil karya sanggar gelar Gunara yang merupakan salah satu pemenang dalam Festival Kemasan Seni Pertunjukkan 2015 yang digelar oleh Disbudparekraf Kota Bogor bulan lalu.

"Ajang ini kami memberikan kesempatan kepada salah satu pemenang untuk menampilkan hasil karyanya agar bisa dilihat masyarakat Kota Bogor dan juga para tamu yang hadir," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015