Oakland, Amerika Serikat (AFP) - Steve Kerr untuk sementara harus meninggalkan posisinya sebagai pelatih juara NBA Golden State Warriors demi fokus kepada pemulihan dirinya setelah dua kali menjalani operasi pada punggungnya dalam tiga bulan terakhir.

Tim NBA ini menyampaikan kabar ini Kamis waktu setempat bahwa Kerr akan absen untuk sementara demi melanjutkan proses rehabilitasinya setelah dioperasi Juli lalu dan bulan lalu.

Juni lalu Kerr mengantarkan Golden State menjuarai NBA pada musim pertamanya sebagai pelatih kepala.

"Saat ini yang paling penting adalah memastikan Steve sehat, pulih sepenuhnya dan siap bukan hanya untuk menjalani musim panjang NBA namun juga kehidupan sehari-hari secara umum," kata GM Warriors Bob Myers.

"Kami tidak mengharapkan proses pemulihan berlangsung lama, namun seperti sekarang ini kami tidak tahu kerangka waktu pastinya. Kami akan mengevaluasi kemajuannya setiap hari," sambung dia.

Kerr yang dilahirkan di Beirut, Lebanon, lima kali menjuarai NBA saat berstatus pemain, termasuk tiga kali bersama Chicago Bulls.

Sejak 1998, dia telah memainkan 910 pertandingan dalam 15 musim bersama Phoenix Suns, Cleveland Cavaliers, Chicago Bulls, Orlando Magic, Portland Trailblazers and San Antonio Spurs.

Golden State akan mengawali musim reguler 2015-2016 pada 27 Oktober di kandangnya melawan New Orleans Pelicans.

Asisten pelatih Luke Walton untuk sementara akan menggantikan Kerr selama dalam proses rehabilitasi, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015