Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Setya Novanto menginginkan hubungan antara DPR dengan pemerintah terus ditingkatkan agar kerja-kerja yang dimiliki institusinya bisa berjalan dengan baik.

"Satu tahun parlemen, kerja sama dengan pemerintah akan terus kami tingkatkan demi ekonomi lebih baik," katanya di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan, dalam satu tahun parlemen yang dipimpinnya, DPR sudah melakukan kerja keras dalam menjalankan fungsinya di bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Menurut dia, para anggota DPR selama setahun ini sudah melakukan fungsi-fungsi tersebut dengan baik sehingga perlu diapresiasi.

"Tentu saya terima kasih kepada para anggota DPR yang telah berkorban untuk bangsa dan negara serta menjalankan fungsi-fungsi DPR dengan baik," ujarnya.

Dia berharap ke depan DPR bisa menjalankan fungsi legislasi dengan baik khususnya pembahasan Rancangan Undang-Undang bersama pemerintah.

Hal itu, menurut dia, dalam upaya memenuhi target capaian DPR dengan cepat khususnya menyelesaikan pembahasan RUU.

"Ini agar bisa menyelesaikan agenda-agenda dengan cepat dan menjalankan misi Indonesia yang sudah digalakkan pemerintah," katanya.

Anggota Komisi III DPR Arsul Sani menilai selama setahun, kinerja DPR belum berjalan seperti yang diharapkan. Namun dia menilai pada masa sidang ini ada peningkatan kerja legislasi, misalnya dengan diukur berapa RUU yang sudah mulai dibahas.

"Ada UU Pilkada, UU Pemda dan UU MD3 meskipun tidak masuk prolegnas prioritas," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015