Parigi, Sulawesi Tengah (ANTARA News) - Penyelenggaraan acara puncak Sail Tomini 2015 di Pantai Kayu Bura, Kabupaten Parigi Moutong dimeriahkan dengan Pameran Potensi Daerah yang diikuti sejumlah daerah baik dari Sulawesi Tengah maupun dari luar.

"Yang membanggakan, sebagai tuan rumah seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Tenggah ikut serta sebagai peserta," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah Abubakar Al Mahdali pada laporan acara pembukaan pameran di Parigi, Rabu.

Abubakar mengatakan Pameran Potensi Daerah Sail Tomini 2015 diikuti 203 peserta. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan pameran serupa pada penyelenggaraan "sail" sebelumnya.

Menurut Abubakar, acara pameran merupakan kegiatan sampingan dari Sail Tomini 2015. Namun, meskipun merupakan kegiatan sampingan, Pameran Potensi Daerah memiliki peran strategis.

"Bahkan acara puncak Sail Tomini 2015 akan terasa hambar tanpa ada Pameran Potensi Daerah," ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong Agus Suryono Hadi yang membacakan sambutan selamat datang Bupati Samsurizal Tombolotutu mengatakan terdapat 144 industri kecil dan menengah yang menjadi peserta pameran.

"Yang dipamerkan adalah hasil unggulan daerah masing-masing termasuk batu akik. Kami berharap pameran ini dapat menumbuhkan pereekonomian masyarakat dan mendorong mereka mengembangkan usahanya," tuturnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sulawesi Tengah Sitti Norma Mardjanu yang membacakan sambutan Gubernur Longki Djanggola juga berharap pamerqn tersebut dapat memicu peningkatan perekonomian daerah.

"Pameran ini memiliki arti penting dalam pemasaran produk-produk unggulan. Untuk membangun perekonomian daerah, perlu promosi dan publikasi," katanya.

Pameran Potensi Daerah Sail Tomini 2015 dibuka pada Rabu sore dengan dihadiri sejumlah pejabat Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Parigi Moutong.

Pameran tersebut akan diselenggarakan selama empat hari hingga acara puncak Sail Tomini pada Sabtu (19/9) yang dihadiri Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi diagendakan meninjau stan-stan peserta pameran.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015