Parigi, Sulawesi Tengah, (ANTARA News) - Sejumlah pengelola hotel di sekitar lokasi penyelenggaraan acara puncak Sail Tomini 2015 di Kabupaten Parigi Moutong mengaku sudah dipesan sejak sebulan sebelum acara tersebut.

"Sejak akhir Agustus kami sudah penuh dipesan, apalagi kami menerapkan sistem deposit," kata pemilik hotel dan kafe Lebo Beach, Merlin S Andi (41), di Parigi, Selasa.

Merlin mengatakan hotelnya memiliki 13 kamar dan seluruhnya sudah habis dipesan hingga Minggu (20/9). Di luar penyelenggaraan Sail Tomini, biasanya tingkat hunian hotelnya hanya dua hingga tiga kamar per minggu.

"Kalau ada kegiatan, misalnya rapat-rapat dari pemerintah daerah biasanya juga ramai karena kami juga menyediakan paket hotel, makanan, dan ruang rapat," tuturnya.

Merlin berharap keramaian seperti Sail Tomini bisa diikuti oleh kegiatan-kegiatan lain untuk menggerakkan perekonomian di Kabupaten Parigi Moutong. Apalagi, sudah ada agenda daerah itu menjadi tuan rumah sejumlah acara tingkat provinsi.

"Acara-acara berikutnya adalah Musabaqah Tilawatil Quran pada 2016 dan Pekan Olahraga Provinsi pada 2017. Jangan sampai hanya Sail Tomini lalu sepi lagi," katanya.

Sementara itu, pemilik hotel dan restoran Grand Mitra Beach Liong Frans mengatakan kamar hotelnya sudah penuh sejak Jumat (11/9). Hotel tersebut memiliki 17 kamar dan pada hari biasa memiliki tingkat hunian 60 persen.

"Kalau hari biasa, selain wisatawan juga banyak orang lokal yang sedang dalam perjalanan dan perlu beristirahat," ujarnya.

Frans mengatakan Kabupaten Parigi Moutong memiliki banyak potensi wisata bahari yang bisa dikembangkan. Namun, perlu peningkatan kemampuan sumber daya manusia baik pada pemerintah maupun pelaku usaha.

Sebagai pelaku usaha, Frans mengaku siap bekerja sama dan memberikan masukan kepada pemerintah setempat. Apalagi, dia memiliki pengalaman karena pernah melihat penanganan berbagai potensi bahari di daerah lain.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015