Dulu memang ada pertimbangan masalah kemampuan. Kalau sekarang kita sudah mampu. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mengambil kembali FIR tersebut. Komisi I DPR RI sudah lama minta hal itu,"


Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq meminta Presiden Jokowi untuk segera mengambil kembali Flight Information Region (FIR) dari Singapura. 




"Dulu memang ada pertimbangan masalah kemampuan. Kalau sekarang kita  sudah mampu. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mengambil kembali FIR tersebut. Komisi I DPR RI sudah lama minta hal itu," kata  Mahfudz di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.




Dengan diambilnya FIR dari Singapura, akan memberikan keuntungan bagi Indonesia, mulai dari bisnis, kontrol udara hingga kedaulatan udara Indonesia.




"Tidak terlalu sulit untuk mengambil alih pengelolaan FIR dari Singapura. Dimana Presiden tinggal memerintahkan Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan untuk bersama melakukan renegosiasi dengan Singapura," sebut politisi PKS itu.




"Tinggal poilitical will dari pemerintah. Presiden tinggal perintah. Yang bikin susah kalau kita maju mundur terus," katanya.






Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015