Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian mendorong PT SAIC General Motors Wuling ekspansi bisnis ke luar Pulau Jawa agar berkontribusi dalam pemerataan perekonomian.

"Indonesia ini tidak hanya Pulau Jawa, ada Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, ada Papua. Sehingga kalau nanti berkembang, kami harapkan SGMW Motor Indonesia melakukan perluasan pabriknya di wilayah Indonesia," kata Dirjen ILMATE Kemenperin I Gusti Putu Surjawirawan di Bekasi, Kamis.

Putu mengatakan, penjualan mobil di Indonesia mencapai 1,2 juta unit pada 2014 dan 200 ribu unit memenuhi pasar ekspor, diharapkan SGMW turut berkontribusi dalam meningkatkan ekspor mobil tersebut.

"SGMW itu join dengan GM sehingga ada nama Amerikanya. Kami harapkan produk dari SGMW bisa diekspor dan memperluas pasarnya ke Timteng, bahkan ke Afrika Selatan atau Australia, Kemenperin siap mendukung," ujar Putu.

Putu menambahkan, perusahaan juga diharapkan turut berperan dalam mengembangkan sumber daya manusia dan menumbuhkan industri pendukung otomotif, sehingga ekspansi bisnis dapat terus dilakukan.

"Karena kami mengharapkan sekali, dengan adanya industri ini, yang tumbuh tak hanya industri perakitan saja, tapi juga pemasoknya. Di Indonesia sudah ada 400-an, baik di tier I dan tier II industri pemasok," ujarnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015