Jakarta (ANTARA News) - Dandanan kawaii alias imut yang menjadi ciri khas dari gaya make up perempuan Jepang memiliki beberapa ciri khas. 

Perias wajah, Angela Merici, mengatakan, tampilan kawaii biasanya menonjolkan pipi dengan blush on berwarna lembut dan natural sehingga terlihat segar dan berseri-seri. 

"Untuk kulit Indonesia yang lebih gelap sebaiknya memilih warna Bumi, di antaranya oranye," kata dia dalam peluncuran kosmetik Canmake, di Jakarta, Rabu. 

Bulu mata palsu pun lazim dipakai, namun pilihlah yang tipis agar terlihat alami. Untuk bagian atas, bulu mata palsu umumnya memiliki bulu menyilang. Sementara untuk bagian bawah, pilih bulu mata palsu yang renggang dan tipis. 

Untuk mempercantik mata, tampilan kawaii juga menambahkan aksen kilau dengan glitter berwarna perak atau emas yang diaplikasikan dari ujung dalam bawah mata hingga ke tengah. 

Menurut dia, pilihan warna terbaik untuk kulit perempuan Indonesia adalah emas. 

Soal alis, dandanan Jepang tidak seberani tren alis dengan warna dan bentuk tebal yang sedang marak saat ini. Alis dapat diwarnai mengikuti bentuknya, kemudian disapu kuas agar terlihat alami. 

"Make up alis di Jepang lebih soft dan bentuknya mengikuti alis asli, tidak se-bold Korea," tutur dia. 

Bagaimana dengan warna lipstick? Menurut dia, warna lembut juga berlaku pada pemulas bibir dalam tampilan kawaii ala Jepang. 

"Oranye dan pink, kalau warna bold seperti merah menyala jarang," kata dia.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015