Cimahi (ANTARA News) - Jalur mudik Lebaran kawasan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, minim penerangan jalan sehingga dinilai rawan kecelakaan lalu lintas dan aksi kejahatan.

"PJU (penerangan jalan umum) di wilayah hukum Polres Cimahi seperti di Bandung Barat memang masih minim," kata Kepala Polres Cimahi AKBP Dedy Kusuma Bakti kepada wartawan di Cimahi, Sabtu.

Menurut dia, jalur utama mudik Lebaran yang masih minim penerangaan yakni wilayah Cipatat dan Padalarang, kemudian dari arah Purwakarta dan Kabupaten Subang.

Sebagian penerangan jalan yang sudah terpasang juga, kata dia, belum optimal berfungsi sehingga khawatir minimnya penerangan mengganggu kenyamanan pengguna jalan, bahkan memicu terjadinya kecelakaan serta kejahatan.

"Kalau situasi di jalanan gelap itu bisa memicu berbagai persoalan, dengan adanya PJU itu setidaknya dapat mencegah orang melakukan kejahatan," katanya.

Kondisi tersebut merupakan hasil survei persiapan jalur mudik Lebaran yang telah dilakukan jajaran Polres Cimahi.

Pihaknya sudah mengusulkan secara resmi kepada pemerintah setempat untuk segera memfasilitasi jalan utama mudik dan alternatif dengan penerangan jalan.

"Kita sudah sampaikan beberapa kali soal penerangan jalan ini, mudah-mudahan secepatya bisa direalisasikan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015