Moenchengladbach, Jerman (ANTARA News) - FC Augsburg sukses mengalahkan Borussia Moenchengladbach yang sejak menit 61 harus bermain dengan 10 pemain saja dengan skor akhir 3-1 di laga pamungkas Bundesliga Jerman di Borussia-Park, Sabtu.

Berkat kemenangan tersebut, Augsburg memperoleh tiga poin tambahan demi melengkapi raihan total mereka menjadi 49 poin sekaligus finis di tempat kelima di atas FC Schalke 04 (48) dan Borussia Dortmund (46).

Ketiga tim tersebut berhak memperoleh masing-masing satu tiket ke Liga Europa, namun belum ditentukan di fase apa mereka akan memulai, menanti hasil partai final Piala Jerman antara Dortmund melawan VfL Wolfsburg di Olympiastadion, Berlin, pekan mendatang.

Apabila Dortmund menjadi Juara Piala Jerman, maka mereka akan berhak memulai keikutsertaan di Liga Europa dari fase grup, sementara Augsburg dari babak playoff dan Schalke babak kualifikasi ketiga.

Namun apabila Wolfsburg yang menjadi juara, maka Augsburg akan memulai dari fase grup, Schalke babak playoff dan Dortmund babak kualifikasi ketiga.

Tuan rumah sebetulnya memperoleh keunggulan lebih awal pada menit 36 melalui sontekan jarak dekat Raffael menyambut bola muntah hasil halauan penjaga gawang Marwin Hitz atas tendangan Patrick Herrmann.

Namun petaka bagi Gladbach bermula saat bek tengah Havard Nordtveit diganjar kartu merah oleh wasit Michael Weiner pada menit 61 saat ia dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Tim Matavz.

Keunggulan jumlah pemain itu dimanfaatkan dengan baik oleh Pelatih Markus Weinzierl demi menambah daya gedor Augsburg dengan memasukkan penyerang Sascha Moelders menggantikan gelandang bertahan Dominik Kohr pada menit 69, melengkapi perubahan strategi menyerang yang ditempuh sejak mengirim masuk Tim Matavz dan Shawn Parker.

Hasilnya menit 72 bola muntah hasil tendangan Matavz berhasil disambar Pierre-Emile Hojbjerg untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Lima menit berselang, Matavz akhirnya mencetak gol yang pantas ia peroleh dari segala upayanya sepanjang laga itu dengan menanduk bola umpan silang Shawn Parker demi membawa timnya berbalik unggul 2-1 atas Gladbach.

Moelders akhirnya melengkapi taji dan kontribusinya di lapangan dengan mencetak gol yang kian memastikan kemenangan Augsburg menjadi 3-1 di menit 5 waktu tambahan.

Moelders menyelesaikan dengan baik bola yang diumpankan Matavz menggunakan kepalanya kepada rekannya tersebut.

Berikut susunan pemain lengkap yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Borussia Moenchengladbach (4-4-2): Yann Sommer (PG); Julian Korb, Roel Brouwers, Havard Nordtveit, Oscar Wendt; Patrick Herrmann (Fabian Johnson), Granit Xhaka (Andre Hahn), Christoph Kramer, Thorgan Hazard (Ibrahima Traore); Raffael, Max Kruse
Pelatih: Lucien Favre

FC Augsburg (4-1-4-1): Marwin Hitz (PG); Markus Feulner, Hong Jeong-Ho, Ragnar Klavan, Abdul Baba; Daniel Baier; Pierre-Emile Hojbjerg, Dominik Kohr (Sascha Moelders), Halil Altintop (Tim Matavz), Tobias Werner; Alexander Esswein (Shawn Parker)
Pelatih: Markus Weinzierl

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015