Yogyakarta (ANTARA News) - Bukalapak.com menargetkan satu juta penjual yang menggunakan laman tersebut untuk menawarkan dan menjual berbagai barang secara "online" pada 2015.

"Kami optimistis target tersebut tercapai karena saat ini ada 180 ribu penjual di Bukalapak.com. Mereka didominasi anak muda dan pelaku usaha kecil dan menengah," kata Chief Executive Officer (CEO) laman itu Achmad Zaky di Yogyakarta, Minggu.

Di sela "Kopi Darat Komunitas Bukalapak.com", ia mengatakan untuk meningkatkan penjual di laman tersebut pihaknya melakukan "roadshow" ke beberapa daerah untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pelaku usaha kecil dan menengah.

"Program sosialisasi dan edukasi kepada para pelaku usaha kecil dan menengah di daerah itu sangat penting karena mereka tidak banyak modal dan kemampuan menggunakan internet terbatas," katanya.

Melalui sosialisasi dan edukasi itu, kata dia, pihaknya ingin meningkatkan transaksi penjualan para pelaku usaha kecil dan menengah. Transaksi mereka diharapkan dapat mencapai ratusan juta rupiah per bulan melalui penjualan "online".

"Kami menggarap usaha kecil dan menengah karena sektor tersebut mempunyai potensi dan peluang besar untuk ditumbuhkembangkan. Potensi usaha kecil dan menengah di daerah perlu terus didorong dan kami siap menjadi mitra pemerintah untuk membina mereka," kata Zaky.

Head of Communication lama itu Yusi H Obon mengatakan pihaknya pada 2015 melaksanakan "roadshow" ke beberapa daerah di Pulau Jawa dan Sumatera. Kegiatan itu diharapkan dapat meningkatkan pengguna laman yang menjual barang baru tersebut.

"Melalui roadshow tersebut kami menyosialisasikan kemudahan yang ditawarkan Bukalapak.com. Melalui kegiatan itu kami berharap target satu juta seller pada 2015 dapat tercapai," kata Yusi.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015