Aceh memiliki banyak potensi wisata yang perlu dioptimalkan oleh Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya meminta Pemerintah Aceh dapat mengoptimalkan potensi pariwisata di provinsi setempat guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri yang datang ke kawasan itu.

"Aceh memiliki banyak potensi wisata yang perlu dioptimalkan oleh Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota," katanya di sela-sela mengunjungi makam Tgk Putroeraja di Gampong Lamjamee, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan, potensi wisata yang dimiliki provinsi berpenduduk sekitar 4,5 juta jiwa itu diantaranya museum tsunami, bahari, kuliner, budaya dan sejarah.

Menurut Politisi Partai Demokrat itu berbagai potensi wisata yang dimiliki itu juga perlu dintegrasikan sehingga mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri.

Riefky mengatakan dengan banyaknya tamu yang datang melancong ke Provinsi Aceh maka akan banyak perputaran uang terutama di daerah destinasi wisata di provinsi tersebut.

"Banyaknya perputaran uang juga akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat dan daerah," kata politisi asal Aceh itu.

Ia meyakini dengan optimalnya pertumbuhan ekonomi sektor pariwisata akan ikut serta mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh menyebutkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk melalui pintu kedatangan di daerah itu pada bulan Januari 2015 sebanyak 2.203 orang atau turun sebesar 21,85 persen dibandingkan bulan Januari 2014.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015