Pandeglang (ANTARA News) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan bahwa Provinsi Banten akan mendapatkan anggaran upaya khusus atau Upsus peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai sebesar Rp41,5 miliar.

"Sedangkan, dana yang dialokasikan untuk pengembangan jaringan irigasi dan optimasi lahan adalah sebesar Rp36,2 miliar," katanya di Pandeglang, Banten, Jumat.

Hal tersebut disampaikannya saat mengunjungi Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten dalam rangka panen raya sebesar 27.300 hektare sawah.

Alokasi anggaran Upsus tersebut berasal dari dana "refocusing".

Amran menjelaskan, dari luas sawah Desa Mekarsari sebesar 1.250 hektare, setelah melaksanakan program upsus dapat meningkatkan produktivitas dari 6 sampai 8 ton per hektare menjadi 7 sampai 9 ton per hektare.

Pada saat dialog dengan para petani di Desa Mekarsari, Menteri Pertanian secara simbolis menyerahkan bantuan bibit holtikultura, Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) Padi, kedelai, pengembangan budidaya kerbau, dan fasilitasi pengelolaan limbah ternak untuk Banten.

Sejak 24 Februari 2015, Menteri Pertanian telah melakukan kunjungan kerja dalam rangka panen raya di beberapa daerah.

Dalam kunjungan kerjanya ke Pandeglang, Menteri Pertanian juga didampingi oleh Plt Gubernur Banten Rano Karno, Kapolda Banten Boy Rafli Amar, Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi, dan Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementan Emilia Harahap.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015