Komisi III DPR RI akan memanggil Tjahjo (Kumolo), Andi Widjajanto, Hendropriyono, dan Sisca (Feriyani Lim) pada Senin (17/2),"
Jakarta (ANTARA News) - Komisi III DPR RI akan memanggil Feriyani Lim terkait foto yang diduga dirinya dengan orang mirip Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad.

"Komisi III DPR RI akan memanggil Tjahjo (Kumolo), Andi Widjajanto, Hendropriyono, dan Sisca (Feriyani Lim) pada Senin (17/2)," kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan pemanggilan Feriyani Lim terkait foto yang diduga dirinya dengan orang mirip Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad.

Benny menjelaskan pertemuan Komisi III DPR RI dengan Feriyani akan dilakukan secara tertutup untuk mendalami kebenaran foto yang beredar di masyakarat.

"Soal pendalaman (keterangan Feriyani) berlangsung tertutup," ujarnya.

Dia menjelaskan pemanggilan Tjahjo, Hendropriyono dan Andi terkait pernyataan Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut ada pertemuan antata Abraham Samad dengan elite PDI-P.

Menurut dia, Komisi III DPR RI akan menggali informasi apa saja yang dibahas dalam pertemuan tersebut dan apakah ada kesepakatan dari pertemuan itu dengan Abraham Samad.

"Inisiatif itu datang dari siapa, Hasto mengatakan inisiatif dari Samad," katanya.

Benny mengatakan pemanggilan orang-orang tersebut untuk mengklarifikasi informasi yang beredar karena dirinya curiga ada bagian dari upaya mendelegitimasi dan menghancurkan KPK.

Menurut dia apabila informasi itu benar maka harus diselesaikan dan bila salah maka komisioner KPK harus dilindungi.

"Saya menilainya apabila tidak terbukti maka publik bisa menilainya secara terbuka," katanya.

Menurut dia, internal KPK memiliki mekanisme kode etik dan mekanisme hukum dalam menyelesaikan dugaan pelanggaran kode etik institusi tersebut.

Sebelumnya Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa artikel di kolom publik Kompasiana berjudul "Rumah Kaca Abraham Samad" merupakan sebuah kebenaran.

"Bapak Abraham Samad mengatakan berita-berita itu (artikel Rumah Kaca Abraham Samad) adalah fitnah. Saya di sini mengatakan bahwa itu bukanlah fitnah, itu adalah kebenaran," kata Hasto dalam konferensi pers di Apartemen The Capital, di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (22/1).

Dalam artikel bertajuk "Rumah Kaca Abraham Samad" itu diceritakan bahwa Samad mengajak sejumlah politisi PDIP untuk bertemu sebanyak enam kali sebelum kontestasi Pilpres 2014 berlangsung (beberapa pertemuan ditengarai dilakukan di Apartemen The Capital, SCBD).

Hasto juga hadir dalam rapat dengar pendapat umum dengan Komisi III DPR RI pada Rabu (4/2) untuk menjelaskan pertemuannya dengan Abraham Samad.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015