Tim verifikasi ini mengaudit kelengkapan KBIH dan tenaga profesional dan jika tidak memenuhi syarat, akan direkomendasikan untuk menutup KBIH itu
Kolaka (ANTARA News) - Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan akreditasi sejumlah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada di Kabupaten Kolaka selama dua hari.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sultra, Hj. Wa Masi di Kolaka, Senin mengatakan, akreditasi ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan yang dilakukan KBIH kepada masyarakat dan agar tetap amanah dan profesional.

"Akreditasi ini dilakukan untuk mendorong KBIH tetap amanah dan profesional," katanya.

Menurutnya ada lima KBIH yang akan dievaluasi yakni KBIH Al Mubarak Kecamatan Baula, KBIH Raudhatul Jannah, KBIH Jabal Rahmah Kecamatan Pomalaa, KBIH Yayasan Multazam Kolaka dan KBIH Nurul Hijrah.

KBIH yang diakreditasi kata dia dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana kelengkapan administrasi, yang mencakup komponen kesekretariatan, kurikulum, bimbingan, kelembagaan, ketenagaan dan sarana prasarana.

Langkah ini dilakukan kata Wa Masi untuk menghindari kejadian-kejadian yang selama ini sering dikeluhkan jamaah haji seperti terlantar.

"Tim verifikasi ini mengaudit kelengkapan KBIH dan tenaga profesional dan jika tidak memenuhi syarat, akan direkomendasikan untuk menutup KBIH itu," ungkapnya.

Pewarta: Darwis sarkani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015