Pilrek Undip sudah saya serahkan universitas, mekanismenya. Nanti, semua (mekanisme pilrek) biar dijalankan Rektor sekarang (Prof Sudharto P. Hadi),"
Semarang (ANTARA News) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menegaskan mekanisme penyelenggaraan pemilihan rektor Universitas Diponegoro telah diserahkan pada universitas bersangkutan.

"Pilrek Undip sudah saya serahkan universitas, mekanismenya. Nanti, semua (mekanisme pilrek) biar dijalankan Rektor sekarang (Prof Sudharto P. Hadi)," katanya di Semarang, Selasa malam.

Hal tersebut diungkapkan mantan Rektor terpilih Undip periode 2014-2018 itu di sela Diskusi Refleksi Akhir Tahun bertema "Hilirisasi Penelitian Perguruan Tinggi" yang diprakarsai Undip.

Nasir menjelaskan Rektor Undip, Prof Sudharto P. Hadi yang masa jabatannya sudah habis periode ini juga sudah diperpanjang sampai ada rektor terpilih untuk periode mendatang.

"Ya, (masa jabatan Prof Sudharto sebagai Rektor Undip, red.) sudah saya perpanjang sampai ada rektor terpilih. Jadi, (pilrek Undip, red.) ini urusan universitas," tukasnya.

Sebagaimana diwartakan, rektor terpilih Undip M. Nasir diangkat sebagai Menristek-Dikti dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Nasir, yang kala itu sebagai Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip terpilih sebagai Rektor Undip periode 2014-2018, mengalahkan dua guru besar Undip yang juga maju sebagai calon rektor.

Sedianya, Nasir menggantikan Sudharto sebagai rektor, namun sebelum dilantik Nasir sudah ditunjuk dan dilantik sebagai menteri oleh Presiden Jokowi untuk memperkuat Kabinet Kerja.

Akhirnya, masa jabatan Sudharto sebagai Rektor Undip diperpanjang oleh Menristek-Dikti Nasir sampai terpilih rektor baru dalam pemilihan kembali rektor yang tengah dipersiapkan Undip.

Sampai saat ini, Undip melalui senat juga masih menyusun jadwal penyelenggaraan pemilihan kembali rektor.

"Waktunya (pilrek, red.) belum ditentukan. Hingga sekarang ini, senat masih menyusun jadwal terkait dengan pelaksanaan pilrek," kata Rektor Undip Prof. Sudharto P. Hadi.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014