Jakarta (ANTARA News) - Komunitas suporter resmi tim sepak bola Inggris Liverpool di Indonesia, BIGREDS IOLSC, secara resmi meluncurkan aplikasi mobile yang sudah bisa diunduh oleh para pengguna sistem operasi Android di toko aplikasi Google Play Store sejak 9 November ini.

Peluncuran digelar disela acara nonton bareng laga lanjutan Liga Utama Inggris antara Liverpool melawan Chelsea di Gedung Serbaguna BULOG Semarang, Sabtu malam, dengan tajuk PANTURA JOGLOSEMAR.

Siaran pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Minggu, menyebutkan bahwa aplikasi tersebut dibuat khusus untuk para anggota BIGREDS demi memudahkan wadah informasi sekaligus mendekatkan pegiat komunitas yang telah memiliki 40 kepengurusan regional di seluruh Indonesia itu.

"Aplikasi ini memang sengaja dibuat khusus untuk member BIGREDS di seluruh Indonesia. Ini juga sebuah upaya mendekatkan seluruh anggota. Kini semua info kegiatan dari setiap regional ada dalam genggaman," kata Presiden BIGREDS 2014-2017 Dimas Pridinaryana Putra.

Selain aplikasi utama yang mewadahi info tentang kegiatan tiap-tiap regional, dalam kesempatan yang sama BIGREDS juga meluncurkan aplikasi BIGREDS Magazine, sebagai majalah digital dengan konten tulisan-tulisan, berita maupun feature, karya para anggota.

Aplikasi tersebut menjadi kelanjutan dari Walk On Magazine, sebuah majalah internal BIGREDS yang terbit sejak 2006 silam.

Aplikasi BIGREDS Magazine menjadi sarana untuk mengakses Walk On Magazine secara digital dan gratis bagi para anggota.

Meski demikian, kedua aplikasi komunitas yang telah berdiri sejak 1999 dan mengalami masa kebangkitan pada 2004 itu baru bisa dinikmati para pengguna Android.

Namun BIGREDS berencana untuk menyediakan agar aplikasi itu bisa dinikmati juga oleh para anggota yang menggunakan sistem operasi lain seperti iOS dan Windows Phone.

"Untuk iOS sedang dalam proses pengunggahan ke appstore, maklum Apple memang punya aturan yang sedikit ketat," kata penanggung jawab pembuatan piranti lunak tersebut, Derry Siswanto.

Selain meluncurkan kedua aplikasi itu, BIGREDS juga memamerkan tampilan antarmuka baru situs resmi mereka yang kini bisa diakses di www.bigreds.org setelah sebelumnya menggunakan domain www.big-reds.org.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014