Di akhir masa jabatan SBY sebagai presiden, semakin banyak pihak yang mengakui bahwa kepemimpinan Presiden SBY selama 10 tahun terakhir berhasil,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR RI Eko Wijaya menyatakan bahwa prestasi yang dicapai selama 10 tahun pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pantas dihargai dan dibanggakan oleh masyarakat.

"Di akhir masa jabatan SBY sebagai presiden, semakin banyak pihak yang mengakui bahwa kepemimpinan Presiden SBY selama 10 tahun terakhir berhasil," kata anggota Fraksi Demokrat DPR RI itu dalam pernyataan pers di Jakarta, Jumat.

Eko Wijaya menyatakan bahwa dalam dua kali periode kepemimpinan, Presiden SBY berhasil membuat kemajuan negara terutama dalam bidang pembangunan infrastruktur.

Salah satu terobosan dan program prorakyat dari Presiden SBY yang patut diteruskan adalah Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Hal ini karena MP3EI memadukan unsur penting dari pembangunan seperti pengembangan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, dan teknologi," katanya.

MP3EI pertama kali dicetuskan pada 2011 dan dicanangkan tuntas selama 15 tahun atau sampai dengan tahun 2016. MP3EI merupakan konsep pembangunan yang patut diteruskan karena menempatkan masing-masing daerah sesuai dengan kemampuan masing-masing.

"Enam koridor yang ada dalam MP3EI adalah bagus karena menyesuaikan pembangunan dengan daerah masing-masing sehingga pembangunan bisa merata," kata Eko yang juga Ketua DPD Demokrat Kepulauan Bangka Belitung.

Selain bidang infrastruktur, Eko Wijaya juga mengapresiasi program pemerintahan SBY di bidang pendidikan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang merupakan pelayanan negara kepada generasi penerus bangsa agar mendapatkan layanan pendidikan yang baik.

"Program BOS juga salah satu yang baik. Saya melihat BOS dapat memperingan beban masyarakat dalam pendidikan sehingga wajib belajar 12 tahun bisa terpenuhi," ujar Eko.

Dengan sederet program prorakyat tersebut, menurut Eko, sangat wajar apabila banyak pihak yang memberikan ucapan terima kasih kepada SBY di akhir masa jabatannya.

"Saya yakin bahwa pengabdian Bapak SBY untuk bangsa dan negara ini selama 10 tahun terakhir pantas untuk dihargai dan dibanggakan," kata Eko.

Dia menambahkan juga bahwa di era teknologi seperti ini, apresiasi masyarakat tersebut bisa dilakukan lewat media sosial.

"Masyarakat kita banyak yang punya twitter dan facebook. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk men-twit apresiasi kepada Bapak SBY. Sekarang kan sedang ngetren hashtag, bisa disertakan dengan hashtag seperti #terimakasihSBY atau #ProudOfYouSBY," kata Eko.


(S023/S024)

Pewarta: Sri Muryono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014