Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan segera mendatangi enam kementerian yang dianggap penting dan berkaitan dengan program-program yang telah dicanangkannya.

Tim transisi Jokowi-JK akan segera berkoordinasi dengan kementerian di pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tentunya Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Bappenas, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Kesehatan," kata Jokowi usai melakukan rapat tertutup di kantor transisi bersama wakil presiden terpilih Jusuf Kalla, Kamis malam.

Jokowi mengatakan enam kementerian tersebut menjadi prioritas karena berhubungan dengan program-program unggulannya. Program-program unggulan Jokowi antara lain Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dana desa, infrastruktur pertanian, dan infrastruktur maritim. Dengan adanya koordinasi tersebut, tim transisi ingin mengetahui permasalahan apa yang ada di setiap kementerian, termasuk tantangan yang akan dihadapi tiap kementerian ke depannya.

Selain itu, koordinasi dengan kementerian dibutuhkan untuk menyesuaikan program-program yang akan dilakukan oleh pemerintahannya mendatang.

"Kita ingin lihat kemungkinan kita bisa memasukkan program. Semakin bisa masuk ke kementerian semakin baik," ujarnya.(*)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014