Jakarta (ANTARA News) - Pasangan capres-cawapres nomor urut satu Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul di wilayah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Singapura.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Antara dari Kedutaan Besar Indonesia di Singapura, Senin, PPLN di Singapura dibantu sekitar 98 anggota KPPSLN pada tanggal 14 Juli 2014 mulai pukul 15.00 waktu setempat di Ruang Riptaloka KBRI Singapura melakukan lanjutan perhitungan hasil Pilpres untuk surat suara yang diterima melalui pos.

Sebelumnya pada tanggal 9 Juli 2014 telah dilakukan perhitungan 22.267 surat suara dari pemilih yang memilih langsung di KBRI Singapura pada tanggal 6 Juli 2014.

Dari hasil akhir penghitungan surat suara, diketahui Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 7.639 suara (20,01%) dan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla memperoleh 30.250 suara (79,25%).

Sedangkan jumlah total surat suara tidak sah adalah 283 (0,74%).

Ketua PPLN Singapura Mirza Nurhidayat menyampaikan bahwa sistem barcode yang diterapkan untuk meregistrasi pemilih yang mencoblos langsung juga diterapkan pada pemilih yang memilih melalui pos.

"Amplop surat suara yang masuk juga dilengkapi barcode sehingga dapat dicocokkan dengan data pemilih yang telah menyatakan untuk memilih melalui pos, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya pemilih ganda," urainya.

Lebih lanjut, Mirza menyampaikan bahwa proses perhitungan akhir real count tersebut berjalan lancar dan disaksikan para saksi dari kedua belah pihak dan dijaga oleh Panwaslu serta dipantau oleh perwakilan Migrant Care.

Beberapa masyarakat Indonesia yang tinggal di Singapura juga turut hadir menyaksikan jalannya proses penghitungan suara.

Para saksi pun telah menyetujui dan menandatangani, dengan demikian maka secara keseluruhan PPLN Singapura telah melaksanakan tugas dan fungsinya baik dari awal persiapan hingga menyampaikan hasil perhitungan akhir ke Pokja Pembina Pemilu Luar Negeri di Kementerian Luar Negeri untuk disampaikan kepada KPU.

Pemilu presiden 2014 diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Prabowo Subianto dan pasangannya Hatta Radjasa serta Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil akhir pemilu pada 22 Juli mendatang.

(TZ.A051/B/Z003/Z003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014