Jakarta (ANTARA News) - Pertandingan Grup D Piala Dunia antara Kosta Rika melawan Inggris di Estadio Mineirao Belo Horizonte, Brasil, berakhir tanpa gol.

Kehadiran Steven Gerrard dan Wayne Rooney pada babak kedua pertandingan yang berakhir Rabu dinihari WIB itu tidak mampu mengubah kedudukan.

Masuknya Rooney  pada menit ke-76 tidak banyak berpengaruh terhadap tim Inggris yang mempunyai trio Lampard, Gerrard dan Rooney di lapangan pada babak kedua itu.

Usaha pertama Rooney adalah tendangan dari luar kotak penalti yang berasal dari umpan Frank Lampard, namun berhasil ditepis ke mistar gawang oleh kiper Kosta Rika Navas pada menit ke-80.

Sundulan Rooney pada menit ke-87 yang berasal dari tendangan bebas Lampard pun masih jauh dari mengancam gawang Navas.

Sebelumnya, Adam Lallana membuka peluang bagi Inggris pada babak kedua, ketika menggiring bola di sisi kiri lapangan namun berhasil dihentikan oleh Navas, begitu pula usaha Daniel Sturridge yang mendapat umpan lurus dari Jack Wilshere pada menit 65 dari sisi kanan kotak penalti juga masih melenceng dari gawang.

Hasil pertandingan tersebut tidak mempengaruhi Kosta Rika yang sudah lolos ke babak 16 besar, sedangkan Inggris yang mendapat dukungan dengan kehadiran Pangeran Harry pada pertandingan tersebut, sudah tersisih dari turnamen itu.

Pada babak pertama, Kosta Rika yang sudah lolos ke babak 16 besar langsung menyerang ketika tendangan kaki kiri Joel Campbell pada menit kedua melenceng ke kanan gawang.

Namun gawang Kosta Rika lah yang paling sering terancam, meskipun hingga 45 menit pertama belum tercipta gol.

Ancaman pertama bagi Kosta Rika terjadi pada menit ke-11 ketika tembakan Daniel Sturridge meleset tipis di kanan gawang. Usaha Sturridge kembali gagal ketika tembakan dari luar kotak penalti yang dilakukannya setelah menerima umpan James Milner pada menit ke-18 juga meleset.

Kosta Rika mendapat peluang ketika Joel Campbell memperoleh tendangan bebas pada menit ke-22, namun tembakannya membentur mistar gawang.

Inggris seharusnya mampu memanfaatkan tiga tendangan pojok berturut-turut pada menit ke-33 dan 34, yang salah satunya berhasil disundul Daniel Sturride di depan gawang setelah mendapat umpan Phil Jones, namun sundulannya tersebut melampaui mistar gawang.

Pada menit ke-42 Ross Barkley berpeluang mencetak gol bagi Inggris ketika ia berhasil menggiring bola ke depan gawang namun tembakannya masih terlalu tinggi.

Meski Inggris menguasai bola lebih banyak (53 persen), namun kedua tim masing-masing hanya mampu menembak on target tiga kali.

Selain Kosta Rika yang menjadi juara grup, Uruguay juga lolos ke babak 16 besar setelah mengalahkan Italia 1-0 pada pertandingan Grup D lainnya.
(F005)

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014