Jakarta (ANTARA News) - Konsep hotel "combo" atau dua jenis hotel yang beroperasi di lokasi yang sama diperkirakan bakal berkembang dan telah diperkenalkan di sejumlah daerah di Indonesia oleh operator hotel internasional di kawasan Asia-Pasifik, Accor.

"Dalam tiga tahun mendatang, Accor akan mengembangkan paling tidak 10 hotel combo concept di seluruh Indonesia seperti di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Pekanbaru," kata COO Accor Indonesia Gerard Guillouet dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Accor dapat menyediakan solusi unik seperti hotel konsep "combo" karena merupakan grup hotel yang memiliki portofolio brand hotel yang paling lengkap di Indonesia.

Ia memaparkan konsep "combo" berarti menggabungkan dua hotel yang beroperasi di lokasi yang sama namun terdiri atas dua brand hotel Accor yang berbeda.

"Novotel Balikpapan dan Ibis Balikpapan merupakan salah satu purwarupa hotel combo pertama di Indonesia," ucapnya.

Saat ini, Accor mengoperasikan empat hotel combo di Balikpapan dan Solo, yang menggabungkan brand Novotel di segmen menengah-atas dan brand Ibis di segmen ekonomis.

Ia mengungkapkan, Ibis Styles Jakarta Mangga Dua direncanakan akan dibuka pada kuartal IV tahun 2014, dan Ibis Budget Semarang direncanakan akan dibuka pada kuartal II tahun 2014.

Dua hotel itu, ujar dia, akan memperpanjang daftar hotel combo Accor setelah bergabung dengan hotel-hotel Accor yang telah beroperasi yaitu Novotel Jakarta Mangga Dua dan Novotel Semarang.

Hotel combo lain yang sedang dalam tahap perencanaan adalah Ibis Styles dan Ibis Budget Jakarta Airport; Mercure dan Ibis Samarinda; serta Pullman Surabaya Supermall dan Ibis Styles Surabaya Supermall.

"Selain tipe kamar dan alternatif pilihan harga yang lebih variatif, hotel combo juga menawarkan keuntungan unik bagi para tamu hotel karena dapat berbagi fasilitas hotel, terutama fasilitas ruang pertemuan atau ballroom yang akan memberikan kemudahan bagi penyelenggara dan peserta acara," katanya.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014