Saya berusaha agar tangan ini sembuh dan dapat main di Roma minggu depan
Madrid (ANTARA News) - Serena Williams dan Maria Sharapova dengan mudah melaju pada pembuka laga Madrid Terbuka namun Novak Djokovic mundur karena cedera pada pergelangan tangan kanannya sehingga keikutsertaannya di Prancis Terbuka terancam.

Petenis nomor satu dunia Williams mulai mempertahankan gelarnya di Madrid dengan kemenangan meyakinkan 6-2, 6-1 atas lawannya dari Swiss petenis berusia 17 tahun, Belinda Bencic, sedangkan Sharapova menang mudah 6-1, 6-2 atas pemain dari Ceko, Klara Koukalova.

Djokovic, petenis nomor dua dunia yang mengincar peringkat pertama yang disandang Rafael Nadal, harus mundur karena cedera pada lengannya tidak dapat dipaksakan untuk turun lapangan.

Petenis pemegang enam gelar Grand Slam itu cedera ketika bermain dan kalah dari Roger Federer di semi final turnamen Monte Carlo Masters dua minggu lalu.

"Saya amat menyesal tidak dapat turun dalam turnamen itu dan mohon maaf kepada pendukung saya. Saya harus mundur dari Madrid Terbuka," kata bintang dari Serbia itu, juara pada 2011 di ibu kota Spanyol, dalam pernyataannya kepada media.

"Saya sudah melakukan segalanya agar dapat tampil di Madrid, yang merupakan salah satu turnamen paling penting tahun ini. Tapi sayang, cedera pada pergelangan tangan kanan saya kambuh dan belum pulih benar," katanya seperti dikutip AFP.

"Saya berusaha agar tangan ini sembuh dan dapat main di Roma minggu depan," tambahnya. 

Dengan adanya cedera itu, berarti Djokovic juga berpacu dengan waktu agar dapat prima untuk mengikuti Prancis Terbuka, turnamen besar yang belum pernah dimenanginya, yang akan berlangsung tiga minggu lagi.

Williams, penyandang gelar 17 juara Grand Slam, bermain untuk pertama kalinya sejak kalah mengejutkan dari Jana Cepelova di Charleston sebulan lalu.

Tetapi ia menunjukkan permainan amat ampuh dan pada putaran kedua akan bertemu dengan pemain dari Tiongkok, Peng Shuai.

Disaksikan rekan senegaranya dari Swiss, Martina Hingis, yang menonton dari tribun, Bencic mengawali permainan dengan bersinar dan meraih dua break point untuk memimpin 2-1.

Tapi tidak lama kemudian, Williams menaikkan irama permainannya, memukul dengan kuat, sehingga Bencic seperti terperangah sementara lawannya dari Amerika itu meraih angka demi angka untuk memenangi permainan mereka.

Williams semakin keras permainnya pada set kedua, sehingga memimpin hingga 5-0, kemudian Bencic mendapat satu angka sebelum lawannya, yang menyandang dua gelar juara di Madrid, menyelesaikan pekerjaannya dalam waktu kurang dari satu jam.

Pemain empat kali menjuarai turnamen Grand Slam, Sharapova, tidak banyak mengeluarkan tenaga untuk menundukkan pemain veteran dari Ceko, Koukalova.

Sharapova menyabet gelar pertama tahun ini di Stuttgart dua minggu lalu dan kini ia memperagakan permainan setingkat kelasnya untuk menyelesaikan permainan dalam waktu satu jam lebih sedikit.

"Ini merupakan awal baik bagi saya," kata peringkat delapan Sharapova.

"Biasanya laga pertama pada event baru selalu amat menantang karena kita belum tahu apa yang kita harapkan, terlebih setelah bermain di turnamen dalam lapangan tertutup minggu lalu," katanya.

Finalis tahun lalu di Madrid itu selanjutnya akan bertemu dengan pemain yang tidak diunggulkan dari Amerika, Christina McHale.

(A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014