Tim yang tidak bertahan baik, tidak memiliki banyak peluang untuk menang"
Jakarta (ANTARA News) - Manajer Liverpool Brendan Rodgers yang mengibaratkan taktik permainan Chelsea dengan "memarkir dua bus" di Anfield akhir pekan lalu, telah menelepon Jose Mourinho untuk menyelamati dia atas "kemenangan besar" tersebut, kata pelatih asal Portugal tersebut seperti dikutip Reuters.

Klub kota London ini meredam ancaman serangan maut Liverpool dan mencetak dua gol pada akhir masing-masing babak lewat Demba Ba dan Willian untuk menang 2-0 sehingga mempersempit perbedaan poin dari Liverpool menjadi dua poin.

Rodgers yang pernah menjadi asisten pelatih Mourinho mengkritik taktik Chelsea tersebut, namun Mourinho menyebut itu tidak penting.

"Brendan adalah orang yang saya anggap teman saya. Tentu saja saya memahami kata-katanya setelah pertandingan itu namun saya juga paham kata-katanya kini. Hari ini dia berkata pada saya: 'Selamat atas kemenangan dan penampilan bagusnya',"  kata Mourinho dalam laman Chelsea seperti dikutip Reuters.

"Teristimewa karena dia adalah orang yang saya anggap teman, dan saya suka, saya lebih memilih melupakan kalimat setelah pertandingan itu dan memperhatikan kalimatnya hari ini.

"Dia orang yang cerdas dan saya yakin bahwa setelah pertandingan itu dia menonton rekamannya di video dan kini dia paham apa yang telah terjadi."

Chelsea juga bermain defensif pada lag leg pertama semifinal Liga Champions melawan Atletico di Madrid pekan lalu.

Mourinho mengatakan bertahan akan juga penting pada leg kedua di Stamford Bridge Kamis dini hari nanti.

"Tim yang tidak bertahan baik, tidak memiliki banyak peluang untuk menang," sambung dia. "Tim yang tidak menciptakan banyak gol berada dalam bahaya. Sebuah tim tanpa keseimbangan adalah bukan tim.

"Ketika Atletico menguasai bola kami mesti bertahan, ketika kami menguasai bola kami harus menyerang. Ini adalah sepakbola yang saya pahami.

"Ketika sebuah tim bermain strategis dan memikirkan kualitas timnya dan kualitas lawannya, 10 atau 20 atau 30 tahun lalu mereka adalah tim yang cerdik dan bagus.

"Saat ini, tergantung pada pelatih dan klub, kritik boleh saja tapi itu tak menjadi masalah apa-apa," pungkas Mourinho seperti dikutip Reuters.   

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014